Salin Artikel

BMKG Minta Masyarakat Waspadai Cuaca Akhir Pekan

GORONTALO, KOMPAS.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Gorontalo meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada akhir pekan ini.

Hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang ini  dapat terjadi di wilayah pesisir utara Gorontalo seperti Kwandang, Anggrek, dan Atinggola. Juga berpotensi terjadi di wilayah Asparaga, Limboto, daerah enklave hutan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone di Pinogu dan sekitarnya.

BMKG juga mengeluarkan prakiraan gelombang jalur penyeberangan di lokasi laut Sulawesi, Gorontalo Utara pada umumnya kondisi cuaca diperkirakan berawan, arah angin dari tenggara-barat daya dengan kecepatan 8-20 kilometer per jam, ketinggian gelombang mencapai 0,5 meter.

“Di Teluk Tomini kondisi cuaca diprakirakan berawan, arah angin dari timur-selatan dengan kecepatan 12-30 km/jam dan ketinggian gelombang berkisar antara 0,5-1,25 m," kata Sayid Mahadir Koordinator Data dan Informasi BMKG Gorontalo, Jumat (26/8/2022).

Kondisi cuaca pada siang umumnya berawan hingga hujan dengan intensitas sedang dapat terjadi di Taluditi, Tibawa, Pinogu  dan sekitarnya, hujan lebat di wilayah Asparaga, Limboto, Suwawa dan sekitarnya.

BMKG juga memprakirakan potensi daerah yang berkabut dapat terjadi di wilayah Taluditi, Tibawa, Kwandang, Suwawa dan Pinogu.

Suhu antara 23-33 derajat Celcius dengan kelembaban 60 – 95 persen.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/26/213832578/bmkg-minta-masyarakat-waspadai-cuaca-akhir-pekan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke