Salin Artikel

Warnai Batik Kawung Sepanjang 3.300 Meter, Mahasiswa Baru UNS Pecahkan Rekor MURI

Pemecahan rekor ini, menjadi akhir rangkain kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) UNS pada Minggu (21/8/2022).

Kain sepanjang 3.300 meter ini, diwarnai dari depan Gedung Rektorat hingga pintu keluar belakang UNS. Tampak para mahasiswa baru antusias melakukan pewarnaan dominan kuning pada motif batik Kawung.

Prestasi menambah jumlah pemecahan rekor yang dipegang oleh UNS, sejak Maret 2013 lalu.

"Ini tentunya bukan kali pertama kami mencatat prestasinya di MURI. Setidaknya sudah ada 12 prestasi yang sudah berhasil ditorehkan. Tercatat karsa dan karyanya selalu mengangkat budaya kearifan lokal dan luar biasa," kata Perwakilan MURI Indonesia, Sri Widayati, saat di UNS, Minggu (21/8/2022).

Penyerahan piagam rekor MURI, langsung diterima oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho. Dengan penyerahan ini, resmi dikukuhkan mewarnai batik sepanjang 3.300 meter oleh mahasiswa baru didapatkan oleh UNS.

"Pemecahan rekor MURI yang ke-13 ini, kita bersama-sama bangga sebagai keluarga besar civitas UNS. Usia belum 50 tahun, menorehkan prestasi sudah sampai pada tingkat internasional," kata Jamal Wiwoho, Minggu (21/8/2022).

Menurutnya, torehan prestasi ini menjadi perolehan perdana ribuan mahasiswa baru setelah masuk UNS.

"Tahun 2022 ini, amunisi mahasiswa baru lebih dari 10.000 yang mendaftar. Artinya kalian adalah generasi pemenang untuk memasuki gerbang di perguruan tinggi Universitas Sebelas Maret," jelasnya.

Sedangkan untuk pemilihan media pemecah rekor batik,Jamal menjelaskan ini bentuk kreativitas para panitia PKKMB 2022. 

"Bentuk pelestarian budaya yang diciptakan oleh panitia PKKMB, setelah kemari ditutup Student Vaganza. Hari ini kita memecahkan rekor murid dengan mewarnai kain sepanjang 3.300 meter yang diikuti oleh 7.250 mahasiswa baru," pungkasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2022/08/21/131502878/warnai-batik-kawung-sepanjang-3300-meter-mahasiswa-baru-uns-pecahkan-rekor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke