Salin Artikel

Sempat Tertutup Longsor Selama 5 Jam di Sitinjau Lauik, Akhirnya Jalan Padang-Solok Kembali Lancar

PADANG, KOMPAS.com - Setelah sempat tertutup akibat longsor hampir 5 jam, akhirnya akses lalu lintas jalan nasional Padang-Solok kembali terbuka Sabtu (20/8/2022) sekitar pukul 19.00 WIB.

Material longsor yang menutupi badan jalan di empat titik di kawasan Sitinjau Lauik, Lubuk Kilangan, Padang, Sumatera Barat, berhasil disingkirkan tim dari BPBD, TRC Semen Padang, TNI/Polri dan masyarakat.

"Betul. Sekitar pukul 19.00 WIB akses jalan sudah lancar kembali setelah tim berjibaku membersihkan material longsor," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Padang, Basril yang dihubungi Kompas.com, Sabtu.

Basril menyebutkan, untuk membersihkan material longsor, pihaknya dibantu dua alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum dan TRC Semen Padang.

"Ada satu alat berat yang standby di sekitar lokasi dan satu alat didatangkan dari PT Semen Padang. Dua alat berat ini membantu mempercepat membersihkan material longsor," kata Basril.

Sebelumnya diberitakan, longsor terjadi di kawasan Sitinjau Lauik, Lubuk Kilangan, Padang, Sumatera Barat akibat curah hujan yang cukup tinggi, Sabtu (20/8/2022).

Ada empat titik longsor dengan ketinggian hampir 3 meter sehingga menyebabkan arus lalu lintas Padang-Solok menjadi macet total.

Peristiwa longsor itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB akibat hujan lebat.

Akibat longsor menyebabkan arus lalu lintas terganggu baik dari arah Padang maupun Solok.

Diperkirakan antrean kendaraan yang terjebak macet mencapai sepanjang 2 kilometer.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/20/195608278/sempat-tertutup-longsor-selama-5-jam-di-sitinjau-lauik-akhirnya-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke