Salin Artikel

Flyover Kopo Ditargetkan Rampung pada September 2022, Wali Kota Bandung: Kita Berharap Lebih Cepat dari Target

KOMPAS.com - Pembangunan Flyover Kopo di Bandung, Jawa Barat, dikabarkan telah rampung, meski belum bisa digunakan oleh masyarakat.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana berharap agar pembangunan flyover sepanjang 1,3 km ini dapat diselesaikan sebelum targetnya pada bulan September 2022.

"Kita (Pemkot Bandung) sebagai pengguna tentunya berharap lebih cepat dari target bulan September 2022," kata Yana, dikutip dari laman resmi Humas Pemkot Bandung, Senin (08/08/2022).

Yana mengatakan, sebenarnya pembangunan Flyover Kopo sudah selesai, tetapi masih ada sejumlah fasilitas pendukung yang perlu ditambahkan.

"Fasilitas pendukung seperti rambu-rambu juga lampu itu sekarang dilengkapi oleh kontraktor," ujarnya.

Mengenai rekayasa lalu lintas di wilayah tersebut, Yana mengatakan, Dinas Perhubungan (Dishub) dan pihak kepolisian telah melakukan koordinasi dan membahasnya.

"Soal rekayasa, Dishub sama Satlantas (Satuan Lalu Lintas) sudah beberapa kali pertemuan untuk rekayasa," ungkap Yana.

Dua tahun pembangunan Flyover Kopo

Flyover Kopo mulai dibangun pada November tahun 2020 dan target selesai pada September tahun 2022. 

Adanya percepatan pekerjaan yang dilakukan pihak Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta – Jawa Barat membuat konstruksi akan rampung lebih awal. 

Dikutip dari Direktorat Jenderal Bina Marga, pendanaan Flyover Kopo ini dilakukan dengan pekerjaan tahun jamak dengan total nilai anggaran Rp 288,76 miliar.

Adapun pembangunan flyover ini merupakan upaya untuk mengembalikan fungsi jalan nasional ruas Soekarno-Hatta sebagai jalan bypass dengan mengatasi kemacetan, khususnya di wilayah Kopo dan Cibaduyut. 

https://regional.kompas.com/read/2022/08/08/124346678/flyover-kopo-ditargetkan-rampung-pada-september-2022-wali-kota-bandung-kita

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke