Salin Artikel

Gubernur Jambi Tetapkan Harga Beli TBS Sawit dari Petani Rp 2.016 Per Kilogram

JAMBI, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi menetapkan harga buah tandan buah segar (TBS) Sawit yang harus dibeli perusahaan dari petani Rp 2.016 per kilogram.

Hal ini sesuai dengan instruksi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan karena tidak ada lagi pungutan pajak ekspor kepada para pengusaha.

Dikutip dari Antara, Kamis (4/8/2022), hal itu disampaikan Gubernur Jambi Al Haris usai memimpin rapat tindak lanjut penetapan harga TBS sawit untuk Provinsi Jambi di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi.

Haris meminta perusahaan atau pabrik sawit membeli TBS senilai Rp 2.016 per kilogram dan harus sudah bermitra untuk mendapatkan pasokan buah sawit.

Bagi pabrik atau perusahaan yang mengalami kendala membeli TBS sawit dengan harga Rp 2.016 per kg, diharapkan mengirim surat resmi ke Pemprov Jambi untuk bisa dilaporkan ke menteri perdagangan, agar bisa dicari solusinya.

Nah, sementara bagi perusahaan yang menolak membeli TBS sawit dengan harga yang sudah ditetapkan, akan diberi teguran tertulis dan sanksi terberat berupa pencabutan izin.

Oleh karenanya, Haris akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) TBS di tingkat kabupaten dan kota agar memantau harga TBS kelapa sawit per hari.

Haris juga berjanji akan memfasilitasi para petani kelapa sawit untuk bisa bermitra dengan para perusahaan perkebunan sawit terdekat dan payung hukumnya melalui Peraturan Gubernur (Pergub), sehingga permasalahan di tingkat petani yang khawatir sawit mereka tidak dibeli perusahaan bisa teratasi.

"Saya akan coba membantu para petani sawit Jambi agar yang belum bermitra dengan perusahaan agar bisa segera bermitra sehingga petani dan perusahaan sama-sama diuntungkan," ungkap Haris.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi Agus Rizal membenarkan bahwa banyak petani sawit di Jambi belum bermitra dengan perusahaan.

"Kemudian juga masalah kualitas TBS-nya dan banyak petani kita yang mencampurkan TBS kelapa sawit, tidak sesuai usia panen," ungkap Agus.

Dari data yang dimilikunya, baru 10-15 persen perusahaan yang sudah bermitra dengan petani.

Untuk diketahui, saat ini ada 1,2 juta hektare perkebunan kelapa sawit di Provinsi Jambi.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/05/133432478/gubernur-jambi-tetapkan-harga-beli-tbs-sawit-dari-petani-rp-2016-per

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke