Salin Artikel

Bertemu Komisi VIII di Solo, Ganjar Sebut Kuota Haji Jateng Diperkirakan Meningkat dan Pertimbangkan Bangun Asrama Haji Baru

Menurut Ganjar kunjungan kerja Komisi VIII tersebut juga sekaligus evaluasi pelaksanaan ibadah haji Indonesia di Jawa Tengah.

"Tadi ada terkait yang utama soal haji sekaligus evaluasi pelaksanaan. Kemungkinan kuota (haji) akan meningkat," kata Ganjar.

Mengenai kemungkinan ada peningkatan kuota jumlah calon jemaah haji, lanjut Ganjar ada pertimbangan untuk membuat asrama haji baru di Jawa Tengah.

Rencananya, wilayah yang akan dibidik sebagai tempat pembangunan asrama haji baru yakni di pantai utara (pantura).

"Sebenarnya yang paling bagus di sekitar Semarang Raya. Apakah nanti di Semarang, di Demak atau di Kendal," kata Ganjar.

Kakanwil Kemenag Provinsi Jateng, Musta'in Ahmad mengatakan, kuota haji Jawa Tengah tahun 1443 H/2022 M ada sebanyak 13.868 orang dari total 100.051 kuota haji Indonesia.

Mengenai kuota tahun depan apakah bertambah, kata Musta'in akan terpengaruh dengan kebijakan dari pemerintah Arab Saudi.

"Kenapa kemarin kita dapat 13.868 kuota haji karena Arab Saudi mematok 1 juta kuota haji seluruh dunia. Indonesia mendapat kuota haji 100.051 orang. Kemudian dibagi-bagi masing-masing provinsi dan Jateng mendapat sekian itu," kata Musta'in.

Oleh karena itu, Musta'in menyampaikan untuk kuota haji Jawa Tengah tahun depan apakah akan bertambah. Pihaknya masih akan menunggu kebijakan dari Arab Saudi.

Rencananya, Arab Saudi pada 2030 mendatang akan meningkatkan jumlah kuota haji seluruh dunia sebesar 5 juta orang.

Dengan rencana itu, Jawa Tengah mulai mempersiapkan diri untuk menyambut kebijakan Arab Saudi terkait penambahkan kuota haji tersebut.

"Mereka mencanangkan jemaah haji itu sampai dengan 5 juta orang. Artinya itu dua kali lipat. Kalau ini konsisten dilakukan Arab Saudi tanda-tandanya ada perbaikan di Arab Saudi," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/02/050600278/bertemu-komisi-viii-di-solo-ganjar-sebut-kuota-haji-jateng-diperkirakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke