Salin Artikel

ASEAN Para Games Resmi Dibuka Wapres Ma'ruf Amin, "Opening Ceremony" Bertabur Kejutan

Malam penuh suka cita, bertabur seniman lokal yang berkolaborasi dalam live performance dengan video mapping, memukau ribuan masyarakat yang hadir.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta istri tiba di Stadion Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah, tepat pukul 19.00 WIB.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Penonton pun dihibur dengan video maping yang diiringi tembang Jawa dari sinden Fani Wiji Lestari.

Kemudian, mata penonton disuguhkan penampilan panggung musisi keroncong Endah Laras bersama dengan Ardha Tatu yang berkolaborasi dengan Dodit Mulyadi yang memainkan biola. Mereka membawakan lagu Bengawan Solo. 

Setelah penampilan lagu Bengawan Solo, penonton dihibur dengan kolaborasi dalang berdialog dengan tokoh wayang yang ditampilkan di video mapping.

Di pertunjukan selanjutnya, penonton dihibur dengan penampilan Wayang Sandosa yang menampilkan tarian teatrikal berjudul “Budhalan”.

Kemudian dilanjutkan dengan parade atlet di mana setiap rombongan kontingen didampingi karakter-karakter dalam cerita wayang.

Dimulai dari Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, Vietnam serta terakhir Indonesia yang langsung mendapat sambutan paling meriah dari 10.000 penonton yang memadati Stadion Manahan.

Dengan gagahnya, Wali Kota Solo itu muncul dengan menunggang kuda menuju podium untuk memberikan pidato sebagai tuan rumah. Disusul sambutan Ketua ASEAN Para Sports Federation (APSF) secara daring. 

Sebagai penanda puncak acara, Wapres Ma’ruf Amin mencabut keris sebagai tanda dimulainya ASEAN Para Games 2022.

"Akhirnya dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, ASEAN Para Games ke-11 Tahun 2022 saya nyatakan secara resmi dibuka," kata Ma'ruf Amin.

Sebelumnya, Wapres Ma’ruf Amin mengucapkan selamat datang kepada para seluruh kontingen yang tiba dan akan bertanding di Indonesia.

"Selamat berjuang dalam kompetisi yang sportif. Saya berharap perhelatan olahraga ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan negara-negara ASEAN. Saya berharap melalui ASEAN Para Games ini  menjadikan komunitas ASEAN semakin inklusif dan tangguh,"  kata Ma'ruf Amin.

Rangkaian opening ceremony ini dilanjutkan dengan pengibaran bendera ASEAN Para Games 2022 dan dilaksanakan pengucapan sumpah janji atlet dan penyalaan obor APG XI 2022 yang dibawa secara maraton oleh sejumlah atlet. 

Sebagai penutup, penyanyi Nella Kharisma tampil membawakan sejumlah lagu. Termasuk lagu tema atau theme song APG “S to E”.

Kemeriahan opening ceremony APG XI 2022 pun mencapai puncaknya dengan pertunjukan kembang api yang berlangsung selama kurang lebih lima menit.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/30/230850878/asean-para-games-resmi-dibuka-wapres-maruf-amin-opening-ceremony-bertabur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke