Salin Artikel

"Kami Akan Pertahankan Pulau Sepatang di NKRI, Agar Tak seperti Kepulauan Sipadan dan Ligitan"

Pulau tersebut merupakan pulau terluar Indonesia yang berada di ujung selatan Lombok Barat dan berbatasan dengan Australia.

"Kami dari datang ke Sekotong untuk mengecek pulau terluar yang dimiliki oleh Polda NTB, di mana di situ merupakan titik strategis zona NKRI," ungkap Dodied dalam kunjungan kerjanya, Rabu (27/7/2022).

Dodied menjelaskan bahwa akhir-akhir ini batas negara menjadi persoalan yang memprihatinkan yang dapat berpotensi diklaim oleh negara tetangga.

Apalagi menurut warga setempat, Pulau Sepatang sempat diklaim oleh Australia dengan nama Sophia Lousia.

"Kita tentunya melihat batas negara itu semakin kekinian semakin banyak (masalah). Dan ini tentunya pekerjaan kita semua bukan hanya Polri, tapi seluruh stakeholder yang berkepentingan dengan zona perbatasan ini," kata Dodied.

Dodied menegaskan bahwa Pulau Sepatang merupakan wilayah NKRI.

Pihaknya kini terus melakukan pemantauan dan patroli di wilayah perbatasan negara.

"Tentu kami akan mempertahankan Pulau Sepatang ini menjadi wilayah hukum NKRI, supaya tidak terjadi seperti kepulauan Sipadan dan Ligitan yang akhirnya diambil oleh Malaysia," ungkap Dodied.


Sedangkan Dusun Panggang di lokasi tempat Pulau Sepatang berada, mempunyai potensi untuk dijadikan lokasi wisata.

Keindahan wilayah perairannya disebut-sebut mirip Raja Ampat Papua.

"Secara lokasi ini merupakan lokasi yang indah dan cocok untuk lokasi wisata, tentunya kalau ini dikelola dijadikan wisata taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik. Dan tentunya masalah kepemilikan Indonesia untuk Pulau Sepatang ini bisa dijaga," ungkap Dodied.

Pulau Sepatang dengan luas sekitar 300 meter persegi berada di Dusun Panggang, Desa Blongas (Persiapan), Lombok Barat, NTB.

Pulau Sepatang sendiri masuk dalam 111 pulau kecil menjadi pulau terluar Indonesia melalui Keputusan Presiden Joko Widodo Nomor 6 Tahun 2017, dengan nama Gili Sepatang.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/28/082618078/kami-akan-pertahankan-pulau-sepatang-di-nkri-agar-tak-seperti-kepulauan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke