Salin Artikel

Cegah PMK Meluas, Dinas Peternakan Purworejo Vaksinasi Hewan Ternak "Door to Door"

Proses pemberian vaksin dipimpin drh Zein Amri bersama sejumlah petugas dari dinas pertanian, pada Rabu (27/7/2022).

Tim menggelar vaksinasi dengan mendatangi langsung pemilik ternak (door to door), yang sebagian besar berada di pedesaan.

Zein Amri menjelaskan, vaksinasi secara door to door karena kecenderungan peternak di Kabupaten Purworejo sulit untuk dikumpulkan pada satu tempat yang sama. Karena kesulitan tersebut dinas mau tidak mau harus turun langsung ke kandang milik warga.

"Target kami untuk vaksinasi tahap 2 ini ada 700 ekor hewan, terutama sapi dan kerbau," katanya.

Keputusan tim vaksinator jemput bola difokuskan ke empat kecamatan, yakni Banyuurip, Grabag, Purwodadi, dan Bener.

Zenin mengatakan, vaksin bermerk Aftofor sejumlah 700 dosis tersebut diberi oleh Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah.

Dia menerangkan, selepas Idul Adha, ancaman PMK semakin besar karena lalu lintas hewan dari luar untuk stok Purworejo cukup banyak.

Di Kabupaten Purworejo sendiri, saat Idul Adha pemotongan sapi mencapai 3.000 ekor dan kambing sebanyak 10.000 ekor, dan yang dijual ke luar daerah seperti Jabodetabek mencapai 4.000 ekor.

"Potensi kemasukkan bakal ternak yang akan dipelihara untuk hewan kurban tahun berikutnya sangat tinggi, karena calon hewan ternak yang ada di sini (Purworejo) belum mencukupi," katanya.

Sampai saat ini kasus PMK di Purworejo tercatat 280 hewan ternak. Ratusan kasus tersebut tersebar di 14 Kecamatan yang ada.

"Kasus lama itu 276 ekor dan kasus baru 4 ekor. sembuh 208 ekor, potong paksa ada 17 ekor, mati 5 ekor, dan masih ada kasus aktif sebanyak 44 ekor," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/27/224636978/cegah-pmk-meluas-dinas-peternakan-purworejo-vaksinasi-hewan-ternak-door-to

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke