Salin Artikel

Bertemu Presiden Timor Leste, Gubernur NTT Bahas Perdagangan Bebas di Perbatasan

Pembahasan itu dilakukan saat bertemu di Plataran Komodo Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Jumat (22/7/2022) malam.

Viktor mengatakan, dengan kebijakan ekspor kedua negara melalui NTT free trade zone, akan menjadi loncatan besar dan memberi manfaat ekonomi yang sangat signifikan bagi NTT, khususnya di Pulau Timor.

Viktor menyebut, Pulau Timor adalah pulau kecil dengan dua negara. Batas negara di Pulau Timor antara Indonesia dengan Timor Leste, kata dia, hanya terkait batas politik dan kedaulatan, bukan batas budaya, sosial, ekonomi.

Sehingga, yang perlu dibangun bukan hanya aspek politik tetapi juga sosial budaya, ekonomi, serta perdagangan. Dengan menerapkan free trade zone, kata Viktor, ada manfaat besar bagi kedua negara tersebut.

"Saya sudah bicarakan dengan Presiden Jokowi dan beliau sudah menyetujuinya," ujar Viktor.

Menurut Viktor, semua ini akan membawa pertumbuhan ekonomi di daerah perbatasan.

"Terima kasih kepada Presiden Jokowi yang sudah membangun pos lintas batas dengan sangat megah. Desain bangun perekonomian perbatasan, bukan hanya membangun pasar, tapi lebih luas itu free trade zone," ujar Viktor.

Viktor menyebut, pembahasan perbatasan harus dirumuskan dengan baik, bukan hanya politik, tetapi juga sosial ekonomi, dan perdagangan. Khususnya, potensi perdagangan kedua negara.

Sementara itu, Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta menyambut baik rencana kebijakan free trade zone tersebut.

"Mari kita laksanakan rencana ini untuk membawa manfaat baik bagi dua negara. Dengan juga menjadi kawasan ekonomi baru," kata Horta.

Horta juga memberikan apresiasi atas kemajuan pariwisata di Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Kami tentunya memberikan apresiasi atas pariwisata NTT yang bertumbuh pesat. Di Labuan Bajo ini sungguh luar biasa karena segala yang ada di sini pada pariwisatanya memiliki kualitas kelas dunia," kata Horta.

Sebagai negara tetangga, lanjut Horta, pihaknya bangga dengan pariwisata yang dimiliki NTT.

"Pariwisata Labuan Bajo ini, memiliki lingkungan bersih dan pelayanannya pariwisata terjaga dengan baik," kata Ramos.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/23/095024278/bertemu-presiden-timor-leste-gubernur-ntt-bahas-perdagangan-bebas-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke