Salin Artikel

MPLS di Perbatasan RI-Malaysia, Semua Siswa Baru Wajib Ikuti Program Matrikulasi

NUNUKAN, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Utara, mewajibkan para siswa baru jenjang SMA/SMK di Kabupaten Nunukan, mengikuti Program Matrikulasi/Penguasaan Operasi Hitung Bilangan selama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Kepala Kantor Cabang Disdikbud Kaltara di Nunukan, Warsito, mengatakan, program matrikulasi tersebut, dilaksanakan selama tiga hari di waktu sore hari.

Alasannya, masih banyak anak-anak di perbatasan RI - Malaysia ini yang penguasaan operasi hitung bilangan matematikanya belum baik.

"Hal ini kalau tidak dilakukan matrikulasi akan berdampak pada kesulitan siswa memahami dan menguasai materi pelajaran yang banyak menghitung. Misalnya matematika, fisika, kimia, ekonomi, akuntansi dan geografi,"ujarnya, Senin (18/7/2022).

Program ini sudah dirapatkan dengan kepala sekolah maupun wakil kepala sekolah, serta ketua PPDB jauh sebelumnya.

Bahkan sosialisasi atas program ini intens dilakukan saat mengunjungi sekolah untuk pembinaan rutin.

‘’Program ini direalisasilan untuk menjawab masalah masih rendahnya skor literasi numerik siswa, sesuai hasil asesmen nasional tahun lalu. Walaupun hasil asesmen tersebut merata secara nasional masih rendah, namun untuk wilayah Nunukan, masalah tersebut dijawab dengan melaksanakan program matrikulasi,’’jelasnya.

Warsito menambahkan, program matrikulasi, pernah dilaksanakan olehnya saat masih menjabat Kepala SMAN 1 Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan.

Pada program matrikulasi, pemateri yang terdiri dari guru matematika, fisika, kimia, akan melakukan pendekatan cooperative learning.

‘’Bisa juga ditambahkan guru ekonomi, dan anak anak difasilitasi belajarnya dengan cara tim teaching,’’jelasnya.

Dalam pelaksanaannya, program matrikulasi numeric akan dimonitoring baik secara langsung, maupun tidak langsung.

Selain Warsito yang akan terus memantau langsung, implementasi program juga akan dimonitor oleh pengawas pembina di sekolah masing masing.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/18/215343078/mpls-di-perbatasan-ri-malaysia-semua-siswa-baru-wajib-ikuti-program

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke