Salin Artikel

Sandiaga Uno Harap Piala Presiden Kompetisi Memancing di Likupang Tingkatkan Wisatawan Setelah Pandemi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendukung event Piala Presiden North Sulawesi International Fishing Competition yang bakal diselenggarakan pada 14-18 September 2022 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga dalam video konferensi yang ditayangkan di acara launcing Piala Presiden North Sulawesi International Fishing Competition, di kanal YouTube Kompas.com, Jumat (15/7/2022).

Memancing, lanjut Sandiaga Uno, merupakan salah satu jenis wisata yang didukung Kemenparekraf karena potensi Indonesia sebagai daerah tujuan wisata bahari.

"Indonesia punya banyak potensi destinasi fishing, memancing, yang menampilkan keindahan alam dan banyak jenis ikan untuk konsumsi atau ditangkap, salah satunya adalah (di) Likupang," kata Sandiaga Uno.

Lewat kompetisi memancing piala presiden ini, Sandiaga ingin fishing tourism Indonesia semakin dikenal dan diminati wisatawan baik mancanegara maupun nusantara.

Dampak ekonominya juga bakal dirasakan para nelayan.

"Sehingga dapat meningkatkan kunjungan ke Indonesia dan (meningkatkan) pedapatan daerah," ujar Sandiaga Uno.

Sandiaga juga berharap, fishing tourism bisa mengedukasi masyarakat agar mempertahankan dan menjaga lingkungan dari praktik penangkapan ikan yang berlebihan (overfishing).

Kegiatan overfishing dapat menimbulkan bencana pada keanekaragaman hayati laut dan populasi ikan lokal.

"Upaya yang dilakukan untuk memperbaiki penangkapan ikan yang berlebihan sekaligus mendorong pembangunan dan kewirausahaan lokal adalah dengan menerapkan fishing tourism secara berkelanjutan, karena hal ini berdampak langsung dengan mengurangi jumlah tangkapan ikan," ujar dia.

"Saya sangat mengapresiasi dan mendukung penuh atas terselenggaranya acara Piala Presiden North Sulawesi International Fishing Competition di Likupang, semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar," ujar Sandiaga.

Hadir dalam acara launcing Piala Presiden North Sulawesi International Fishing Competition ini Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Octavianus Estefanus Kandouw, CEO KG Media Andi Budiman, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo, Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho, dan sejumlah pejabat Pemprov Sulut.


Pemulihan sektor pariwisata

Sektor pariwisata merupakan salah satu bidang yang paling terpukul oleh pandemi Covid-19.

BPS mencatat kunjungan wisatawan asing ke Indonesia anjlok hingga hanya tersisa 25 persen pada tahun 2020 dan menurun sekitar 67 persen year on year pada tahun 2021.

Akibatnya, penurunan ini pun mempengaruhi pendapatan negara dari pariwisata.

Namun, setelah dua tahun pandemi berlangsung, Indonesia telah beradaptasi untuk hidup berdampingan dengan Covid-19, termasuk di bidang pariwisata.

Dengan semangat memulihkan pariwisata nasional, sejumlah langkah yang dilakukan oleh Kementerian Parekraf, yaitu dengan menerapkan sertifikasi CHSE dan menetapkan lima destinasi prioritas.

Salah satu destinasi prioritas tersebut ialah Likupang yang berada di pesisir Provinsi Sulawesi Utara.

Likupang sendiri merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Jaraknya sekitar 60 kilometer dari kota Manado dan bisa dicapai lewat jalur darat selama sekitar 2 jam.

Lokasinya yang berada di pesisir membuat Likupang kaya akan potensi pariwisata, mulai dari desa wisata, wisata alam, hingga wisata bahari.

Hal ini pun menjawab tren wisata setelah pandemi, dimana wisata alam lebih menarik bagi para wisatawan.

Dengan 68 lokasi terumbu karang, Likupang adalah surga bagi para penyelam.

Di pesisirnya, garis pantai Likupang menyajikan pantai perawan berpasir putih dan lautan biru yang mempesona, tak heran jika banyak yang bilang Likupang adalah Bali-nya Sulawesi Utara.

Keistimewaan lain dari Likupang adalah potensi wisata bahari yang dimilikinya.

Perairan Likupang dikenal sebagai lokasi memancing bertaraf internasional dengan habitat ikan marlin sebagai destinasi utamanya. Keindahan Likupang tidaklah hadir begitu saja.

Pengelolaan yang tepat, pelestarian kearifan lokal, serta wisata berbasis alam menjadi kunci yang membuat Likupang mampu mendorong kebangkitan pariwisata Indonesia.

Hal ini pun perlu diupayakan dengan azas keberlangsungan (sustainability) sehingga pengembangan pariwisata dapat dikelola secara sinergis sinergis untuk memenuhi kebutuhan wisatawan, lingkungan hidup dan masyarakat lokal.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/15/194507778/sandiaga-uno-harap-piala-presiden-kompetisi-memancing-di-likupang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke