Salin Artikel

BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Angin Kencang dan Gelombang Tinggi di Maluku Utara

Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Baabullah Ternate Fahmi Bachdar mengatakan, pengguna jasa transportasi laut diminta mewaspadai area pesisir Halmahera Barat.

Wilayah itu mulai dari Jailolo, Ibu, Hiri, hingga ke Loloda, serta wilayah Ternate Barat dan Pulau Hiri.

"Kami memprediksi akan terjadi perubahan kondisi cuaca angin kencang mencapai 50 km/jam dan hujan lebat yang mempengaruhi visibility (jarak pandang) mencapai 500 meter di perairan dan awan yang kita pantau hari ini memiliki luasan yang ada di pesisir Halbar hingga ke daratan wilayah Kota Ternate," ujar Fahmi seperti dikutip dari Antara, Jumat (15/7/2022).

Bahkan, awan konvektif itu memiliki karakteristik pergerakan angin cukup kuat, khususnya di lautan.

Awan itu, kata Fami, akan mempengaruhi jarak pendek bagi nelayan atau pengguna jasa transportasi laut, khususnya di wilayah perairan Ternate-Halmahera Bagian Barat.

Oleh karena itu, ia berharap para nelayan dan pelaku usaha kapal cepat berukuran kecil berhati-hati.

Fahmi menjelaskan, hujan ringan dengan potensi sedang-lebat juga berpotensi terjadi di wilayah Jailolo, Ternate, Tidore, Sofifi, Weda, Maba, Bacan, Sanana, Taliabu, dan sekitarnya.

BMKG telah mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada siang hingga sore hari di wilayah Mangole, Sanana, Taliabu, Bacan, Maba, Weda, Sofifi, Tidore.

Masyarakat diimbau mewaspadai banjir dan longsor dengan gelombang laut mencapai 2,5 meter.

Sementara itu, Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman menginstruksikan seluruh personel meningkatkan kesiapsiagaan, mulai dari sumber daya manusia hingga peralatan.

Personel diminta mewaspadai potensi musibah menyusul cuaca buruk yang terjadi beberapa hari terkahir.

"Kami instruksikan seluruh personel Basarnas Ternate untuk selalu meningkatkan kesiapsiagaan dan juga menjaga peralatan SAR yang dimiliki, baik itu palsar darat, palsar laut serta kendaraan operasional," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/15/184259878/bmkg-imbau-masyarakat-waspadai-angin-kencang-dan-gelombang-tinggi-di-maluku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke