Salin Artikel

Rapat 20 Menit, Pemprov Babel Pastikan Agenda G20 di Belitung Tak Batal seperti Surat Mensesneg

Rapat itu memastikan bahwa penyelenggaraan forum G20 tetap dilaksanakan di Belitung pada 7-9 September 2022.

Rapat yang berlangsung sekitar 20 menit, dari pukul 09.07 - 09.27 WIB itu sebagai respons atas beredarnya surat dari Kementerian Sekretaris Negara yang menyatakan penyelenggaraan G20 di Belitung dibatalkan.

"Pertemuan tingkat menteri pembangunan G20 di Belitung tanggal 7-9 September 2022 tetap akan dilaksanakan sesuai rencana," kata Pejabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin saat dikonfirmasi, Jumat.

Ridwan memimpin langsung rapat yang dilaksanakan secara daring tersebut.

Rapat dihadiri serta dikonfirmasi oleh pejabat eselon 1 dari Kementerian PPN/Bappenas, Kemensesneg, Kemenko Perekonomian, Kemenko Maritim dan Investasi.

"Hadir juga jajaran Pemprov Babel, Pemkab Belitung, dan Pemkab Belitung Timur," ujar Ridwan.

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan, pemerintah daerah telah melakukan berbagai persiapan untuk penyelenggaran agenda G20.

Termasuk permasalahan anggaran yang sempat dikeluhkan pemerintah pusat, telah dibicarakan juga oleh pemerintah daerah.

"Kami sudah bersinergi untuk anggaran, baik dari pemkab maupun pemerintah provinsi," ujar Isyak.

Untuk diketahi, Informasi pembatalan tersebut tertuang dalam surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B 588/M/D-1/HK.03.02/07/2022 yang ditandatangani Pratikno.

Pada poin satu surat yang ditandatangani Pratikno disebutkan bahwa pembatalan agenda G20 di Belitung telah melalui rapat koordinasi dengan Kementerian Keuangan dan Koordinator Perekonomian.

Memperhatikan kemampuan keuangan negara maka agenda G20 di Kepulauan Bangka Belitung dibatalkan. Surat itu diterbitkan pada 4 Juli 2022.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/15/123417578/rapat-20-menit-pemprov-babel-pastikan-agenda-g20-di-belitung-tak-batal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke