Salin Artikel

Ada Miniatur Menara Eiffel Setinggi 15 Meter di SMP Negeri 1 Getasan Semarang, Ini Tujuannya

Miniatur bangunan yang aslinya berada di Paris, Perancis ini dibangun sejak Mei 2022 lalu setinggi 15 meter. Tak ayal, bangunan ini menjadi daya tarik bagi masyarakat dan siswa.

Pembangunan miniatur Menara Eiffel ini diinisiasi Plt Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Getasan Waluya. "Nantinya akan ada beberapa miniatur ikon-ikon terkenal yang ada di Indonesia dibangun di setiap sisi sekolah," jelasnya dalam keterangan tertulis, Kamis (14/7/2022).

Waluya mengatakan dipilihnya Menara Eiffel ini sesuai dengan kondisi geografis sekolah yang berada di lereng Gunung Merbabu. "Sehingga nantinya para siswa bisa menikmati pemandangan tersebut dari ketinggian,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, dengan adanya miniatur tersebut akan menjadi pendukung ilmu pengetahuan bagi para siswa. "Karena Menara Eiffel ini menjadi awal berdirinya miniatur ikon-ikon nusantara," kata Waluya.

Dikatakan, bangunan Menara Eiffel ini masih 90 persen. "Dalam tahap pembangunan karena nantinya akan dilengkapi dengan tangga serta bagian-bagian yang menjamin keamanannya. Sehingga bisa dimanfaatkan oleh para siswa maupun masyarakat setempat," terangnya.

Selain itu, pembangunan miniatur ini juga menjadi pendukung SMP Negeri 1 Getasan sebagai sekolah yang berwawasan wisata edukasi.

"Kita juga memiliki program lain, yakni Digital School, Literasi School, Green School serta pengembangan sekolah berwawasan wisata edukasi. Karena berwawasan wisata edukasi, maka semua lokasi dan ruangan dibuat seindah mungkin,” lanjutnya.

Langkah mendukung program pun dimulai sejak 1 Oktober 2021. “Untuk pembangunan miniature Menara Eiffel ini praktis dua bulan, dari awal bulan Mei,” jelas Waluya.

Untuk konsep pembangunan, Waluya membuat program IHT (In House Training). Semua guru dan karyawan dihadirkan untuk menyamakan visi misi sekolah kedepannya.

"Nantinya juga terdapat pengembangan lanjutan yang akan mendukung beberapa program yang dijalankan oleh sekolah," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Disdikbudpora Kabupaten Semarang Sukaton Purtomo Priyatno, mengungkapkan, dengan adanya miniatur Menara Eiffel yang ada di SMP Negeri 1 Getasan ini patut diapresiasi dan harus dikembangkan lebih besar lagi.

“Adanya inovasi ini bisa menambah daya tarik yang ada di SMP Negeri 1 Getasan,” ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/15/075020178/ada-miniatur-menara-eiffel-setinggi-15-meter-di-smp-negeri-1-getasan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke