Salin Artikel

Sempat Sepi Peminat, Jumlah Murid Baru SDN 206 Putraco Bandung Kini Bertambah Jadi 18 Anak

KOMPAS.com - Lima Sekolah Dasar (SD) di Kota Bandung dikabarkan sepi peminat. Pasalnya, selama masa pendaftaran, hanya sedikit calon murid baru yang mendaftar secara online.

Empat SD yang sepi peminat di Kota Bandung itu adalah SDN 206 Putraco Indah (3 pendaftar), SDN Cidadap (6 pendaftar), SDN Sukaraja (10 Pendaftar), SDN Cilandak (9 Pendaftar), dan SDN 217 Sarijadi (7 pendaftar).

Dikutip dari TribunJabar.id, guru di SDN 206 Putraco Indah, Septian Mulyadi, tak menampik sekolah tempatnya mengajar itu sepi peminat pada periode pendaftaran peserta didik baru (PPDB) online lalu.

Septian mengatakan, ada beberapa faktor yang membuat SDN 206 Putraco sepi peminat, salah satunya adalah banyak orang tua yang kesulitan melakukan pendaftaran secara online.

Pasalnya, sebagian besar pendaftar di SDN 206 Putraco berasal dari kalangan menengah ke bawah.

Selain itu, Septian melanjutkan, SDN 206 Putraco selama ini dianggap sebagai sekolah inklusi sehingga banyak orang tua ragu untuk mendaftarkan anaknya di sekolah tersebut.

"Kami setiap tahun memang selalu menerima siswa inklusi sehingga jadi dilabeli sekolah inklusi sejak dua tahun terakhir. (Saat ini) jumlahnya sudah kami batasi," ujar Septian.

Septian menjelaskan, SDN 206 Putraco Indah kini melakukan seleksi ketat bagi siswa inklusi yang akan mendaftar di sekolah tersebut. Hanya siswa inklusi ringan yang bisa diterima.

Hal itu dilakukan untuk memutus anggapan masyarakat bahwa SDN 206 Putraco adalah sekolah inklusi.

"Ini juga kami lakukan karena guru-guru di sini belum dibekali pengetahuan dan keterampilan khusus untuk menangani siswa inklusi yang berat," jelasnya.

Septian menambahkan, faktor lain yang menyebabkan SDN yang terletak di wilayah Buahbatu, Kota Bandung, itu sepi peminat adalah banyaknya sekolah favorit di sekitar SD tersebut, seperti SDN Karangpamulang, SDN Pelita, dan SDN Buahbatu.

"Banyak orang tua siswa akhirnya memilih menyekolahkan anak mereka ke sana," ucapnya.

Untungnya, menurut Septian, kini jumlah calon murid baru di SDN 206 Putraco bertambah menjadi 18 anak. Meski yang mendaftar online hanya berjumlah 3 anak, namun sekolah ini menerima tambahan dari orang-orang yang sebelumnya mendaftar ke SD lain di sekitarnya.

"Hingga sore ini pukul 17.30, jumlahnya sudah menjadi 18 anak. Hari ini ada limpahan dari sekolah lain, tapi ada juga yang mendaftar langsung tanpa online," ungkapnya.

Dengan adanya tambahan tersebut, Septian mencatat, total murid kelas 1 sampai kelas 6 di SDN 206 Putraco Indah adalah 118 anak.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/13/140048278/sempat-sepi-peminat-jumlah-murid-baru-sdn-206-putraco-bandung-kini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke