Salin Artikel

Sapi Ongole Sumbangan Jokowi untuk Warga Maluku Dipastikan Sehat

AMBON, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo memberikan bantuan hewan kurban berupa satu ekor sapi kepada warga Maluku untuk perayaan hari raya Idul Adha 1443 Hijriah atau 2022 Masehi.

Sapi yang disumbangkan presiden itu merupakan sapi jenis peranakan ongole dengan bobot 850 kilogram.

Bantuan sapi dari Presiden Jokowi ini diserahkan oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail kepada imam masjid raya Al Fatah Ambon di pelataran masjid tersebut, Kamis (7/7/2022) sore.

Dalam kesempatan itu, Murad juga menyerahkan bantuan satu ekor sapi jenis limosin dengan bobot 800 kilogram ke Masjid Jami Hasan Sulaiman Negeri Hila, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah.

Penyerahan sapi gubernur itu bersamaan dengan penyerahan hewan kurban bantuan dari presiden.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian Provinsi Maluku, Fahmi Manan Yusuf mengatakan, hewan kurban bantuan presiden Jokowi ke warga Maluku itu dibeli dari Maluku Tengah.

“Kalau sapi bantuan Presiden Jokowi ini jenisnya ongole itu dibeli dari sentra peternakan sapi di kawasan Kobinsonta, Kecamatan Seram Utara Timur Seti, Kabupaten Maluku Tengah,” katanya kepada wartawan di pelataran masjid raya Al Fatah Ambon, Kamis.

Fahmi tidak menyebut harga sapi bantuan presiden tersebut. Dia hanya memastikan bahwa sapi yang disumbangkan itu sangat sehat dan bebas dari penyakit.

“Sapinya sangat sehat, tidak terjangkit penyakit,” ujarnya.

Sapi bantuan presiden ini pun menjadi tontotan warga di masjid raya Al Fatah Ambon. Beberapa warga bahkan berselfie dengan sapi tersebut.

Sapi bantuan presiden ini ditempatkan berdekatan di halaman depan masjid dengan sapi bantuan gubernur Murad Ismail.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/07/180742578/sapi-ongole-sumbangan-jokowi-untuk-warga-maluku-dipastikan-sehat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke