Salin Artikel

Masuk MURI, 14.245 Orang Menari "Tari Gugur Gunung" di Kota Magelang

Tari yang diinisiasi oleh Polres Magelang Kota dalam rangka Hari Bhayangkara ke-76 itu diikuti oleh warga Kota Magelang dan sekitarnya.

Senior Manager MURI, Sri Widayati menyebutkan, jumlah peserta Tari Gugur Gunung secara serentak meliputi 11.507 orang yang menari secara luring dan 2.738 orang secara daring. Prestasi ini tercatat dalam rekor ke-10.416 sebagai Pagelaran Tari Gugur Gunung oleh Penari Terbanyak.

"Kami anugerahkan piagam penghargaan ini kepada pemrakarsa, yakni Kapolres Magelang Kota, AKBP Yolanda Evelyn Sebayang. Tari Gugur Gunung ini adalah yang pertama kali, sebelumnya belum pernah ada," kata Sri di sela-sela kegiatan.

Menurutnya, Jumlah ini tak hanya memecahkan rekor Indonesia tapi juga memecahkan rekor dunia.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz, sejumlah pejabat Forkompinda Kota Magelang dan tokoh masyarakat Magelang, turut mengikuti gerak tari yang melambangkan semangat gotong royong dan kebersamaan tersebut.

"Kegiatan Tari Gugur Gunung ini mempersatukan budaya masyarakat, juga untuk mendidik masyarakat kita untuk ikut memeriahkan Hari Bhayangkara ke-76," ujar Lutfi.

Lutfi mengapresiasi kegiatan karena menggambarkan kebersamaan yang harmonis antara masyarakat dengan Polri.

"Polri adalah milik rakyat Indonesia. Dalam kegiatan ini, tari Gugur Gunung menggambarkan kebersamaan Polri dengan masyarakat dalam upaya menjaga Harkamtibmas," terang Kapolda.

Kapolres Magelang Kota, AKBP Yolanda Evalyn Sebayang mengatakan, tarian Gugur Gunung ini diselenggarakan secara kolosal karena nilai-nilai kebersamaan yang terkandung di dalamnya.

Dia menyampaikan rasa terima kasih atas partisipasi masyarakat dari berbagai daerah dan salut atas antusiasme mereka yang mengikuti kegiatan tersebut.

Tidak saja dilakukan di alun-alun, sejumlah masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia juga mengikuti kegiatan tari tersebut melalui saluran online.

"Kami ucapkan terimakasih bagi para peserta yang telah mengikuti melalui online dari berbagai daerah, ada yang dari IKN, Banten, Jakarta, Bandung, dan dari banyak pulau lain di seluruh Indonesia," tuturnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/07/163914878/masuk-muri-14245-orang-menari-tari-gugur-gunung-di-kota-magelang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke