Salin Artikel

Gibran Mendadak Datangi Pusat Grosir Solo, Pastikan Tidak Ada Penyegelan Kios

SOLO, KOMPAS.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendadak mendatangi Pusat Grosir Solo (PGS) Solo, Jawa Tengah, pada Selasa (5/7/2022) sore.

Kedatangan Gibran ke PGS setelah dirinya menerima laporan kios pedagang akan disegel pihak manajemen dengan alasan belum membayar service charge.

Putra sulung Presiden Jokowi tiba di PGS disambut sejumlah pedagang dan manajemen.

Gibran bersama perwakilan pedagang dan manajemen melakukan audiensi.

Tak berselang lama, Gibran keluar ruangan disambut tepuk tangan pedagang. Gibran mengatakan, tidak ada penyegelan kios.

Kendati demikian, Gibran juga menyampaikan pada pedagang bahwa service charge tidak mungkin tidak naik.

Adapun berapa kenaikannya, Gibran meminta pedagang dan manajemen untuk memusyawarahkan.

"Saya minta pihak PGS tidak melakukan penyegelan. Tapi, saya juga minta ke pedagang kalau yang namanya service charge itu tidak mungkin tidak naik. Monggo didiskusikan jumlahnya berapa (kenaikannya)," kata Gibran, di Solo, Jawa Tengah, pada Selasa.

Pemkot akan menjadi penengah terkait permasalahan biaya service charge yang sudah cukup lama mengemuka dan belum ada titik temu tersebut.

"Saya di tengah saja. Saya enggak belanin siapa-siapa biar PGS jalan terus. Ini tempat yang bagus jadi harus dikawal," ungkap dia.

Koordinator Paguyuban PGS Solo, Cahyo Sasongko mengatakan, kenaikan biaya service charge sudah terjadi pada Mei 2022. Kenaikan ini dinilai sepihak sehingga pedagang merasa keberatan.


Semula biaya service charge hanya Rp 57.000 per meter persegi, naik menjadi Rp 80.000 per meter persegi.

"Jadi yang perlu digarisbawahi kenaikan sepihak dari Rp 57.000 per meter ke Rp 80.000 per meter," ungkap dia.

Sebelum ada kenaikan, kata dia, setiap pedagang rata-rata membayar biaya service charge sebesar Rp 350.000-Rp 450.000 setiap bulannya. Sementara di PGS ada sekitar 500 pedagang.

"Jadi, yang kami perjuangkan di sini adalah segeranya ada kepastian dalam berusaha dengan segeralah ditetapkan," kata dia.

Dia menuturkan, rencananya penyegelan kios pedagang tersebut karena hari ini merupakan batas akhir pembayaran. Bagi pedagang yang belum membayar maka kiosnya akan disegel.

"Bahwa hari ini adalah deadline. Hari ini pukul 16.00 WIB kalau belum membayar rencananya mereka akan menyegel. Tapi, imbauan dari Pak Wali Kota tadi sudah sangat baik sekali. Untuk PGS mengerti kondisi kami. Jadi jangan menyegel," terang dia.

Sampai berita ini diturunkan pihak manajemen PGS belum bisa dimintai konfirmasi perihal kenaikan biaya service charge yang dikeluhkan oleh para pedagang.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/05/210017578/gibran-mendadak-datangi-pusat-grosir-solo-pastikan-tidak-ada-penyegelan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke