Salin Artikel

Ridwan Kamil Berangkat Haji Badal untuk Eril, Sempat Berziarah dan Mohon Doa

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil berangkat ke Tanah Suci Mekkah untuk menjalankan ibadah haji badal atau atas nama almarhum putranya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil berangkat bersama keluarganya dan merasa begitu istimewa karena atas undangan Kerajaan Arab Saudi.

Haji atas nama Eril dan mohon doa

Sebelum berangkat, Kang Emil dan istrinya Atalia Praratya berziarah ke makam Eril di Cimaung, Kabupaten Bandung.

“Pada momen ini, saya akan berhaji atas nama almarhum Emmeril Kahn Mumtadz. Oleh karena itu, tadi pagi kami berziarah, pamit, dan berdoa di makam Eril,” kata Kang Emil.

Selain itu, Kang Emil pun mempersilakan pengikutnya untuk menitipkan doa dengan menuliskan di kolom komentar. Kang Emil akan membantu doa saat di Padang Arafah dan di depan kabah.

“Mohon doanya dari semua agar diberi kelancaran dan seluruh jemaah haji Jabar dan Indonesia agar berjalan lancar dan sehat selamat kembali ke Tanah Air sebagai haji mabrur dan hajja mabrurah. Amin,” kata Kang Emil.

Turut pantau 17.000 jemaah asal jabar

Tidak hanya itu, keberangkatan Gubernur Jabar ini juga untuk terus memantau 17.000 jemaah asal jabar yang melaksanakan ibadah haji tahun ini.

“Besok senin, saya sebagai Gubernur Jabar akan pergi menunaikan tugas memimpin jemaah haji Jabar yang berjumlah 17.000,” jelas pria yang akrab disapa Kang Emil dalam keterangan persnya dikutip dari Kompas.com, Senin (4/7/2022).

Wagub Jabar menjabat pelaksana harian

Selama pelaksanaan ibadah haji Kang Emil, tampuk kepemimpinan Jabar dipegang oleh Wakil Gubernur Jabar UU Ruzhanul Ulum sebagai Pelaksana harian atau Plh Gubernur Jabar.

"Saya Plh ya, barusan tanda tangan Pak Gubernur sebelum pulang setelah melaksanakan walimatul safar. Kita tanda tangan untuk penerima sebagai Plh," kata Uu Ruzhanul Ulum di Kota Bandung, Senin seperti dikutip Antara.

Menurut Uu, masa Plh Gubernur akan berlangsung selama dua pekan hingga Ridwan Kamil pulang ke Indonesia.

"Titipan beliau menyampaikan latihan, ya, Pak Uu. Gitu saja, Itu di forum. Ya, tafsirkan saja latihan apa. Ya, latihan jadi pemimpin," ujar Uu.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Fransisca Andeska Gladiaventa | Editor: Amalia Purnama Sari)

https://regional.kompas.com/read/2022/07/04/173543278/ridwan-kamil-berangkat-haji-badal-untuk-eril-sempat-berziarah-dan-mohon-doa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke