Salin Artikel

Ancaman Gelombang 8 Meter, Nelayan Cianjur Dilarang Melaut Dulu

CIANJUR, KOMPAS.com – Nelayan di perairan selatan Cianjur, Jawa Barat, diimbau untuk tidak melaut dalam dua hari ke depan. Hal ini seiring dengan ancaman gelombang tinggi di Samudera Hindia selatan Jawa.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Rudi Wibowo mengatakan, potensi ketinggian gelombang bisa mencapai 4 hingga 8 meter.

"Ini meneruskan peringatan dini ancaman gelombang tinggi yang dikeluarkan pihak BMKG. Perairan selatan Cianjur salah satunya yang patut diwaspadai," kata Rudi kepada Kompas.com, Senin (4/7/2022).

Karena itu, Rudi mengimbau nelayan untuk tidak melaut dulu, dan meminta masyarakat pesisir membatasi aktivitas dekat pantai.

"Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang gelombang tinggi agar waspada, termasuk pedagang pantai," ujar dia.

BPBD Cianjur telah menginstruksikan jajaran relawan tanggap bencana (retana) yang lingkup tugasnya di sepanjang garis pantai untuk melakukan pemantauan.

"Terutama yang di (pantai) Apra, mengingat kondisinya lepas, ya. Kalau untuk pantai lain terbantu oleh karang-karang, setidaknya bisa memecah gelombang," ujar Rudi.

Rudi menyebutkan, wilayah pesisir selatan Cianjur memiliki garis pantai sejauh 75 kilometer.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/04/164230078/ancaman-gelombang-8-meter-nelayan-cianjur-dilarang-melaut-dulu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke