Salin Artikel

Basarnas Bentuk Unit Siaga SAR di IKN, Waspadai Musibah Banjir

Salah satunya, mereka membentuk Unit Siaga SAR di IKN Nusantara untuk menyiapkan diri jika terjadi banjir.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan (Basarnas Kaltim) Melkianus Kotta menyatakan, sesuai rencana strategi dari Basarnas RI, mereka membentuk unit siaga untuk membantu masyarakat jika terjadi musibah.

“Intinya kesiapan kami baik dari sarana dan prasaran itu akan kami maksimalkan. Untuk tahun ini sendiri kami akan merencanakan Unit SAR di IKN yang akan ditempatkan personel dan alutnya disana,” katanya ditemui di Bandara VIP Balikpapan, Kamis (30/6/2022).

Melki mengatakan, pihaknya akan menempatkan sedikitnya enam personel di wilayah IKN. Tak hanya personel, perlengkapan atau Alat Utama (Alut) dari Unit SAR juga akan ditempatkan disana.

“Rencana itu di-backup dari Balikpapan itu kurang lebih enam orang serta alut darat dan alut laut ditempatkan disana. Untuk sementara kita unit dulu baru dibentuk pos. Rencana tahun ini sudah bisa berdiri sambil ini kami koordinasikan ke pusat,” jelasnya.

Ditanya soal kerawanan yang terjadi di wilayah IKN, Melki mengaku bahwa sejauh ini wilayah IKN tidak begitu rawan terhadap bencana alam seperti gempa bumi apalagi tsunami.

Namun yang menjadi atensinya ialah musibah banjir di sekitar wilayah IKN. Sebab beberapa titik banjir masih terjadi di Kecamatan Sepaku tersebut.

“Tapi ada beberapa kejadian yang kami bisa kita lihat seperti bencana alam dan banjir itu kita harus hati-hati. Khususnya di Sepaku itu ada beberapa kejadian banjir, dan kami coba koordinasi dengan BPBD ternyata bisa diatasi. Dengan kejadian itu makanya kami akan bentuk satu unit di sana,” tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/01/205835178/basarnas-bentuk-unit-siaga-sar-di-ikn-waspadai-musibah-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke