Salin Artikel

Hitungan Hari, 30 Sapi di Desa Jambangan Grobogan Mati Diduga PMK

"Terakhir kemarin malam mati dua ekor sapi. Lima hari, sekitar 30-an sapi yang mati di desa kami," kata Kepala Desa Jambangan Karyono saat dihubungi melalui ponsel, Kamis (30/6/2022).

Dijelaskan Karyono, sebelum mati, puluhan sapi itu berpenyakit serupa dengan hewan ternak yang terpapar PMK. Puluhan sapi yang mati dalam hitungan hari itu, sambung dia, sebagian besar dalam kondisi hamil.

"Sekitar 30-an sapi yang mati itu milik warga yang berbeda. Mulutnya itu seperti sariawan, memutih dan kemudian mengeluarkan air liur terus-menerus," ungkap Karyono.

Karena diduga tertular PMK, sapi-sapi itu kata Karyono kemudian dikuburkan. Warga tidak berani menyembelih karena dikhawatirkan menjadi media penularan ke ternak lainnya.

"Hampir semua warga di sini punya sapi. Harganya Rp 18 juta hingga Rp 20 juta. Tiap rumah ada yang dua, tiga, sampai empat ekor," kata Karyono.

Atas kondisi ini, Karyono berharap ada perhatian khusus dari Pemkab Grobogan, terutama prioritas jatah vaksin karena dimungkinkan vmasih jamak sapi yang diduga kuat terpapar PMK.

"Saya sudah usul 1000 dosis vaksin, tapi kata Dinas Peternakan Grobogan yang divaksin yang sehat dulu. Sapi saya juga bergejala PMK, tapi sembuh," pungkas Karyono.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Grobogan drh Riyanto meminta kepada Pemdes Jambangan melapor terkait kabar puluhan sapi mati karena diduga terjangkit PMK.

"Kemarin ada kabar 60 ekor, lalu 30 ekor mati. Nanti ada kabar lagi 100 ekor mati. Siapa yang kasih info itu, silakan lapor ke sini, itu sapi milik siapa saja. Jangan bikin gaduh," kata Riyanto.

Menurut Riyanto, data terbaru yang dilaporkan ke Disnakkan Grobogan tercatat sapi yang mati di Desa Jambangan yakni 3 ekor dewasa dan beberapa ekor anak sapi.

"Yang ngasih info itu siapa, suruh kasih datanya. Saya sudah konfirmasi ke dokter hewan di Geyer dan yang mati itu yang dia tangani itu tiga ekor dan ada beberapa pedet," kata Riyanto.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/30/222116278/hitungan-hari-30-sapi-di-desa-jambangan-grobogan-mati-diduga-pmk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke