Salin Artikel

Terkendala Teknis, Baru 84 Persen yang Ajukan Pembayaran Gaji Ke-13 di Babel

BANGKA, KOMPAS.com - Pembayaran gaji ke-13 dan uang pensiun bagi pegawai negeri sipil (PNS) serta TNI-Polri bakal dimulai 1 Juli 2022.

Namun, hingga 30 Juni 2022, masih banyak berkas persyaratan yang belum disetorkan satuan kerja.

"Data PNS pusat saja, kementerian dan lembaga di Bangka Belitung (Babel) yang sudah mengajukan 10.569 dari 13.961 PNS atau 84 persen," kata Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Bangka Belitung Edih Mulyadi di kantornya, Kamis (30/6/2022).

Edih menuturkan, bagi yang terlambat mengajukan, jadwal pembayaran juga akan molor. Meskipun saat ini tidak ada batas waktu untuk pembayaran gaji dan pensiunan tersebut.

"Kami lihat ini cuma kendala teknis, mungkin satker ada kesibukan lain dalam waktu bersamaan. Bukan kendala serius karena anggarannya memang sudah tersedia," ujar Edih.

Total anggaran yang disediakan untuk PNS pusat di Bangka Belitung mencapai Rp 59,8 miliar.

Berdasarkan persentase pengajuan yang sudah 84 persen, sebesar  Rp 44 miliar sudah bisa dikucurkan pada masing-masing penerima pada awal Juli 2022.

"PNS pusat termasuk juga dosen. Sementara guru dan PNS pemda masuk ke PNS daerah masing-masing datanya," beber Edih.

Sementara pensiunan PNS pusat dan daerah termasuk veteran di Bangka Belitung tercatat sebanyak 10.111 orang dengan alokasi Rp 29,7 miliar.

Alokasi pensiunan itu belum termasuk dari TNI-Polri angkatan tahun 1989 ke atas karena sudah pakai Asabri.

Kepala Bank Mandiri Taspen Pangkalpinang Eko Suganda mengatakan, pembayaran gaji ke-13 dan pensiunan mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2022.

Gaji ke-13 dan pensiunan langsung masuk ke rekening penerima tanpa potongan pinjaman bank.

"Ini tidak dipotong pinjaman bank dan pungutan apa pun. Jadi berhati-hati kalau ada yang mengaku dari Taspen dan meminta setor ke ATM," pesan Suganda.

Taspen, sambung Suganda, telah mendistribusikan uang ke perbankan mitra, termasuk kantor pos untuk selanjutnya ditransfer ke rekening penerima.

"Tolong waspada karena banyak yang mengatasnamakan dari Taspen," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/30/120906078/terkendala-teknis-baru-84-persen-yang-ajukan-pembayaran-gaji-ke-13-di-babel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke