Salin Artikel

Hari Pertama Dibuka, Aktivitas Pasar Hewan di Klaten Masih Sepi

Pembukaan kembali pasar hewan tersebut dilakukan dalam rangka menyongsong persiapan menyambut Hari Raya Idul Adha atau Idul Kurban yang jatuh pada 9 Juli 2022.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Klaten, Widiyanti mengatakan pasar hewan sapi dengan kapasitas besar ada empat titik. Sedangkan yang lainnya merupakan pasar hewan kambing.

Menurut Widiyanti salah satu pasar sapi terbesar di Kabupaten Klaten ada di Kecamatan Jatinom dan Prambanan.

"Hari pertama dibuka yang paling besar di Jatinom ini. Kemudian di Prambanan. Kondisinya masih kosong. Tidak ada sapi yang ada para bakul, blantik," kata Widiyanti di Klaten, Rabu.

Widiyanti menyampaikan kondisi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) membuat para bakul dan blantik melakukan transaksi jual-beli ternak dari orang ke orang.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar ternak mereka tidak tertular PMK. Sebab, penularan PMK dari ternak satu ke ternak lainnya sangat cepat melalui udara.

"Jadi kemungkinan besar para pedagang, blantik ini sudah tahu persis kondisi PMK seperti apa sehingga mungkin datang ke sini melakukan transaksi dari person ke person. Jadi tidak membawa ternaknya ke sini mungkin," jelas Widiyanti.

Kemudian, lanjut Widiyanti kondisi pasar hewan di Prambanan pada hari pertama buka ada sekitar 20 ekor sapi.

Biasanya sebelum ada wabah PMK jumlah sapi yang dijual-belikan di pasar hewan Kecamatan Prambanan bisa mencapai 400 ekor.

"Jadi kalau dilihat dari biasanya tidak ada 10 persen. Biasanya sampai 300-400 ekor sapi jadi hanya sekitat 5-7 persen saja yang ada di sana," ungkap dia.

Dia menilai masih sepinya kondisi pasar hewan pada hari pertama dibuka karena masyarakat sadar terhadap PMK. Mereka memilih tidak mengeluarkan sapinya agar tidak terkena PMK.

"Mudah-mudahan ini menjadi suatu kesadaran bersama karena memang pada saat PMK ini sapi-sapi tidak boleh berkumpul. Karena sangat rawan apabila ada salah satu yang terpapar," sambungnya.

Sebelumnya, Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan pembukaan kembali pasar hewan dalam rangka mempersiapkan menghadapi Hari Raya Idul Adha atau Idul Kurban pada 9 Juli 2022.

Pembukaan kembali pasar hewan ini juga seiring telah dilakukannya program vaksinasi PMK di Klaten. Vaksinasi tahap pertama Klaten menerima sebanyak 2.200 dosis.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat yang ingin membeli hewan kurban tidak perlu harus mencari di luar Klaten.

Dengan stok ratusan ribu ekor ternak cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin berkurban.

"Sehingga masyarakat tidak perlu mencari-cari hewan ternak yang ada di luar Klaten. Insya Allah stok-nya aman," terang Sri Mulyani.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/29/113316778/hari-pertama-dibuka-aktivitas-pasar-hewan-di-klaten-masih-sepi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke