Salin Artikel

Ketika Fesyen Idola KPop Jadi Tren Outfit Kalangan Mahasiswa

Tidak hanya berdampak pada selera musik dan kuliner, namun fesyen juga menarik sejumlah kalangan, terlebih mahasiswa. Tidak sedikit dari mereka yang terinspirasi untuk berpakaian ala Kpop dari para idolanya.

Hal tersebut diungkapkan sekumpulan mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), yang tergabung dalam Dance From Udinus (DFU). Bergaya kasual, berkaus, bersepatu santai, rupanya mereka sedang bersiap melakukan latihan dance di Udinus Sport Center, Selasa (28/6/2022) malam.

Salah satu anggota, Fadhil Maldini, mengatakan sudah lama dirinya menerapkan Korean style atau bergaya ala Korea di lingkungan kampus atau pun luar kampus.

Uniknya, Fadhil, sapaan akrabnya, menerapkan penampilan ala Korea pada gaya rambut hingga cara berpakaiannya.

"Biar terlihat lebih rapi, terutama hairstyle yang menonjol," tutur Fadhil saat ditemui Kompas.com, Selasa (28/6/2022) malam.

Menurut mahasiswa semester 4 jurusan Teknik Informatika Udinus itu, bagi laki-laki, ada tiga fokus penampilan agar bisa terlihat seperti Korean style. Yaitu dari segi pakaian, gaya rambut, dan sepatu.

Bagi peminat Korean style seperti Fadhil, dalam segi pakaian, akan memadukan baju-baju oversize dengan celana kain.

"Kalau formal paling kemeja dan celana kain. Untuk warnanya, lebih ke warna-warna pastel. Karena itu juga pengaruh banget," tutur penggemar NCT itu.

Tak hanya itu, Fadhil mengungkapkan, sepatu juga memiliki pengaruh terhadap penampilan ala Korea. Biasanya, peminat Korean style lebih sering mengenakan sepatu sneakers ataupun dogmart.

Sementara itu, Korean style akan lebih menonjol jika didukung dengan aksesoris yang dikenakan, seperti cincin, kalung, dan gelang.

Uniknya, di balik gaya Korea yang diterapkan Fadhil itu, lantaran terinspirasi dari idola Kpop-nya, Lee Je-no dari NCT.

"Ini ngewarnain rambut karena terinspirasi dari Zhong Cenle, member NCT juga," jelas Fadhil.

Selain Fadhil, ada pula Muhammad Syakir yang menerapkan Korean style dalam kesehariannya. Dirinya menyebut, selain idola Kpop, mayoritas anak muda lebih sering terinspirasi karena tren di sosial media.

"Banyak milenial yang lihat postingan Instagram, suka. Jadi kita bisa terinfluence," tutur Syakir. Hal senada juga disampaikan mahasiswa jurusan Kesehatan Masyarakat Udinus, Salsabila Diaz.

Caca, sapaan akrabnya, mengungapkan, selain instgaram, situs semacam pinterest juga kerap menjadi sumber inspirasi gaya berpakaiannya.

"Referensi dari idola-idola Kpop pastinya. Tapi coba cari di pinterest, ternyata cocok dengan style saya," jelas Caca.

Lebih jelas Caca menuturkan, tidak sulit bagi perempuan untuk memadukan pakaian agar terlihat seperti Korean style. Ada beragam macam pakaian, seperti dress, baju dan kemeja oversize, celana high waist, corduroy, dan masih banyak lagi.

"Warna bajunya mungkin lebih ke warna-warna pastel dan warmth tone. Kiblat Korean looks kadang kesana," ucap Caca.

Peminat Korean style lainnya, Retno Christiyowati, menuturkan, aksesoris seperti cincin, gelang, kalung, hingga kuncir juga akan menambah vibes Korean style.

"Kalau saya lebih sering pakai kalung dan tindik di telinga," ucap Icis, sapaan akrabnya.

Menurut Icis, selain aksesoris, sepatu dan tas tidak kalah penting untuk mempercantik penampilan perempuan.

"Kadang tote bag atau sling bag. Kalau sepatu, sneakers putih itu harus, flat shoes, dogmart juga bagus," pungkas dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/29/100452178/ketika-fesyen-idola-kpop-jadi-tren-outfit-kalangan-mahasiswa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke