Salin Artikel

Imbas MXGP, Penerbangan di Bandara Sumbawa Meningkat

SUMBAWA, KOMPAS.com - Kepala Kantor Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa, Wijianto mengatakan, aktivitas penerbangan mengalami peningkatan selama berlangsungnya event Motocross Grand Prix (MXGP) Samota.

Pada Minggu (26/6/2022), saat puncak balapan kejuaraan dunia MXGP, ada banyak pesawat carter yang mendarat di bandara tersebut. Padahal, biasanya hanya dua kali penerbangan.

"Sampai ada penerbangan malam juga jam 21.00 Wita," kata Wijianto, Senin (27/6/2022).

Sementara pada hari ini, Senin (27/6/2022), ada enam kali penerbangan ditambah dengan mendaratnya pesawat boeing untuk yang pertama kali.

"Pesawat Boeing Nam Air mengangkut kru dan pebalap, meski begitu jumlah penumpang dibatasi karena bandara kita belum mengalami penebalan runway," Jelas Wijianto.

Lebih jauh, peningkatan jumlah penumpang di Bandara Sumbawa sudah terjadi pada satu minggu menjelang MXGP.

"Biasanya satu kali penerbangan per hari, tetapi karena persiapan jelang MXGP penerbang ditambah jadi dua kali," sebut Wijianto.

Selain itu, penambahan penumpang terjadi pada Kamis (24/6/2022), yang biasanya dua kali, bertambah dengan pesawat carter sebanyak tiga kali. Pada Jumat (25/6/2022), ada pelayanan penerbangan helicopters medical evacuation dari sirkuit MXGP dan pesawat akrobatik Jupiter milik TNI AU.

"Meski Jupiter tidak mendarat di sini tetapi akomodasi tetap di sini," tambahnya.

Ia berharap, peningkatan jumlah penumpang di Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa semakin banyak. Apalagi, sudah ada event internasional yang dilaksanakan di Sumbawa setiap satu tahun sekali selama 5 tahun ke depan.


Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa, Lalu Suharmaji Kertawijaya mengatakan, pendaratan pesawat NAM Air jenis Boeing 737, yang mengangkut pebalap dan kru MXGP, merupakan momen yang luar biasa sekaligus bersejarah bagi Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III.

Meski demikian, pada penerbangan ini, pesawat disyaratkan hanya boleh diisi 114 penumpang dari total 140 kursi yang tersedia.

"Sebab landasan pacu Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III saat ini belum diperpanjang dan dipertebal," kata Suharmaji.

Lalu Suharmaji berharap, ke depan, Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III dapat memiliki landasan pacu yang lebih besar sehingga dapat digunakan untuk pendaratan pesawat jenis boeing secara berkelanjutan.

Diketahui, pergelaran MXGP Samota di Sumbawa, NTB, berlangsung pada Jumat (24/6/2022) hingga Minggu (26/6/2022).

https://regional.kompas.com/read/2022/06/27/205212778/imbas-mxgp-penerbangan-di-bandara-sumbawa-meningkat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke