Salin Artikel

5 Ton Pertalite di Malinau Ludes Terbakar, Seorang Pemadam Kebakaran Sempat Pingsan Saat Jinakkan Api

KOMPAS.com - Sebuah kios bahan bakar minyak (BBM) di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, terbakar pada Sabtu (25/6/2022) pagi.

Berdasarkan data Kepolisian Sektor (Polsek) Malinau, kebakaran tersebut membuat pemilik kios rugi ratusan juta rupiah.

Selain kios, kebakaran juga menghanguskan dua unit dump truk, 25 drum pertalite (total 5 ton), 2 drum oli 40, dan satu unit sepeda motor.

Kebakaran besar tersebut sempat membuat petugas pemadam kebakaran (damkar) kewalahan. Diduga karena letih, seorang pemadam kebakaran pingsan saat menjinakkan si jago merah.

Kepala Satpol PP, Damkar, dan Linmas Malinau Kamran Daik, melalui Kasi Pencegahan dan Pengendalian Damkar Rury Ahmad Sururie, membenarkan kabar itu.

Rury mengatakan, usai pingsan, petugas damkar tersebut langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Malinau.

"Iya, tadi ada satu petugas yang pingsan. Rekanan kita langsung membawa yang bersangkutan ke rumah sakit," ujarnya, Sabtu, dikutip dari Tribunnews.

Menurut Rury, pingsannya seorang anggotanya terjadi saat cuaca sedang terik. Petugas itu diduga kelelahan saat memadamkan api yang melahap kios BBM tersebut.

Saat ini, terang Rury, sang petugas dikabarkan telah sadar dan dilaporkan dalam keadaan baik-baik saja.

Penyebab kebakaran kios BBM di RT 18 Desa Malinau Kota, Kabupaten Malinau, ini sedang diselidiki polisi.

"Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Hasil rekap dan keterangan pengelola, total kerugian kurang lebih Rp 700 juta," ucap Kapolsek Malinau Kota Iptu Najamuddin, Sabtu.

Najamuddin menjelaskan, berdasarkan kronologi sementara, kebakaran bermula saat tiga pekerja kios menyalin BBM menggunakan mesin ke tempat penyimpanan drum BBM pada Sabtu pagi.

Sewaktu mereka memindahkan isi drum, sebagian isinya diduga tumpah ke stopkontak yang teraliri listrik.

"Saat mengisi bensin dari ember ke gelen, bensin tumpah dan mengenai stopkontak. Muncul percikan api dan menyambar BBM lain," ungkapnya.

Sekitar pukul 07.20 Wita, api mulai membesar dan membakar seisi kios. Kebakaran berhasil dipadamkan oleh petugas berselang sekitar dua jam kemudian.

Hasil pemeriksaan polisi, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul 5 Ton Pertalite di Malinau Ludes Terbakar, Petugas Damkar Gunakan Pasir untuk Jinakkan Api

https://regional.kompas.com/read/2022/06/26/141500878/5-ton-pertalite-di-malinau-ludes-terbakar-seorang-pemadam-kebakaran-sempat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke