Salin Artikel

Pemkab TTS Edukasi Masyarakat tentang Jamur Beracun Setelah 14 Orang Keracunan

KUPANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT), langsung mengedukasi masyarakat tentang adanya jamur beracun pasca-kejadian keracunan massal usai memakan jamur.

Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun mengatakan, dirinya sudah memerintahkan sejumlah instansi terkait untuk turun ke masyarakat untuk memberikan edukasi tentang jamur.

"Upaya kita untuk mencegah agar tidak terjadi lagi keracunan cendawan (jamur) dengan pemberian edukasi melalui penyuluhan secara rutin," ujar Eppy, sapaan akrab Egusem, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (23/6/2022).

Selain itu, Eppy menyampaikan, pihak kecamatan juga sudah menyampaikan kepada para kepala desa agar memberikan informasi kepada masyarakat terkait bahaya mengonsumsi jamur yang mengandung racun.

Eppy mengatakan, setelah 14 orang dilarikan ke rumah sakit karena keracunan jamur, petugas dari sejumlah instansi turun ke desa tersebut untuk menyisir adanya warga lain yang terdampak.

"Setelah tim kita turun ke desa tersebut, ada satu warga yang juga mengalami keracunan, tetapi sudah diobati dan tidak menjalani perawatan medis di Puskesmas," kata dia.

Eppy menyebut, warganya yang keracunan mengonsumsi jamur yang tumbuh di dekat kotoran sapi.

Jamur itu, kata dia, dikenal dengan magical mushroom yang memberi efek atau gejala seperti orang pecandu narkotika. Sehingga, dia meminta sekaligus mengimbau warga agar lebih hati-hati dalam memilih jamur itu.

Saat ini, kata Eppy, 14 warga yang keracunan sudah kembali ke rumah masing-masing, setelah sempat dirawat di Puskesmas Polen. Sedangkan sampel makanan sudah diambil dan dikirim ke laboratorium di Kupang untuk diuji.


Sebelumnya diberitakan, sebanyak 14 warga Dusun Lolitunan, Desa Loli, Kecamatan Polen, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT), dilarikan ke rumah sakit usai mengonsumsi jamur.

Bupati TTS Egusem Pieter Tahun membenarkan informasi tersebut.

"Kejadiannya tadi malam dan mereka langsung dibawa ke Puskesmas Polen untuk menjalani perawatan medis," kata Egusem yang akrab disapa Eppy saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Rabu (22/6/2022) malam.

Eppy menyebutkan, 14 warga tersebut itu adalah enam kepala keluarga yang masih berkeluarga dan tinggal berdekatan.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/23/104635078/pemkab-tts-edukasi-masyarakat-tentang-jamur-beracun-setelah-14-orang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke