Salin Artikel

BBWS Bangun Tanggul Geobox untuk Antisipasi Banjir Rob di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

SEMARANG, KOMPAS.com - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana mendirikan tanggul geobox di Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Tanggul sepanjang 340 meter itu dibuat untuk menahan tekanan air laut yang diperkirakan bakal terjadi pada 16-17 Juni 2022.

Kepala BBWS Pemali Juana Muhammad Adek Rizaldi mengatakan, pembangunan tanggul geobox sengaja dipercepat karena diprediksi bakal terjadi air pasang. 

"Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bakal terjadi pasang air laut yang lebih besar dari sebelumnya," kata Adek, saat dikonfirmasi, pada Kamis (16/6/2022). 

Dia mengklaim modifikasi tanggul dengan pemasangan geobox dapat menahan hantaman gelombang dan pasang air laut di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

"Komponen utamanya geotekstil dengan lebar 1,5 meter. Untuk tingginya 70 sentimeter dipasang di atas timbunan tanah menjadi 1,9 meter," kata Adek. 

Saat ini, pembangunan tanggul tinggal menyelesaikan tahap akhir menggunakan konstruksi beton bertulang yang akan ditempatkan di belakang PT Glory kawasan Lamicitra Nusantara.

"Di PT Glory tidak bisa dipasang geobox, karena antara tanggul dan bangunan sangat sempit," imbuh dia. 

Beberapa waktu yang lalu, BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Semarang memprediksi akan terjadi gelombang tinggi berkisar 90-100 sentimeter.


Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang Ganis Erutjahjo mengatakan, gelombang tinggi tersebut bakal terjadi pada 13-16 Juni 2022. 

"Berdasarkan perhitungan kami BMKG di tanggal yang sama air pasang paling tinggi berkisar 156-166 sentimeter," ujar dia.

Menurutnya, gelombang tinggi tersebut menyebabkan banjir rob di kawasan pesisir laut Jawa bagian tengah seperti Pekalongan, Semarang dan Demak. 

"Untuk Semarang daerah seperti Genuk, Tambak Lorok dan Tambakrejo menjadi titik rawan," imbuh dia. 

Dia menyebut untuk ketinggian air pasang bervariasi tergantung dengan topografi wilayah yang telah disebutkan.

"Kalau Kabupaten Demak diperkirakan terjadi di Sayung, Karang Tengah, Bonang dan Wedung," ucap dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/16/160916178/bbws-bangun-tanggul-geobox-untuk-antisipasi-banjir-rob-di-pelabuhan-tanjung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke