Salin Artikel

Kapal Kargo Tujuan Karimun Terbakar di Perairan Batam, Nakhoda Tewas

BATAM, KOMPAS.com – Kapal Motor (KM) Bintang Surya, ludes dilalap si jago merah di Perairan Pulau Nipah Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Minggu (12/6/2022) pagi.

Kapal jenis mini kargo itu dilaporkan terbakar sekitar pukul 07.15 WIB.

Danlanal Tanjungbalai Karimun (TBK) Letkol Laut (P) Joko Santosa mengatakan, kapal tersebut berangkat dari Singapura menuju Tanjungbalai Karimun.

"Kapal dari Singapura ke Karimun, muatan kapal adalah barang-barang seperti asbes dan drum plastik," kata Joko melalui telepon, Selasa (14/6/2022).

Danlanal mengatakan, terbakarnya kapal tersebut merenggut nyawa nakhoda atas nama Jamal. Sementara 17 anak buah kapal berhasil selamat dari insiden nahas tersebut.

"Saat kejadian ABK yang selamat dievakuasi oleh TB Maya Harbour dan dibantu KRI-LDG-632," papar Joko.

Joko menjelaskan. nakhoda kapal yang tewas merupakan orang terakhir yang berupaya menyelamatkan diri.

Hal tersebut lantaran korban menyempatkan untuk mengirim broadcast atau pemberitahuan permintaan pertolongan.

Kondisi kapal yang sudah terbakar dan diselimuti asap tebal membuat korban lemas, namun sempat berupaya menyelamatkan diri.

"Korban tidak terselamatkan meski mendapat pertolongan, karena ia memilih mengirim broadcast yang membuatnya menjadi paling terakhir keluar dari kapal," jelas Joko.

Belum diketahui pasti penyebab terbakarnya KM Bintang Surya, petugas SAR gabungan telah mengevakuasi seluruh korban ke Dermaga Lanal TBK.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/14/223814978/kapal-kargo-tujuan-karimun-terbakar-di-perairan-batam-nakhoda-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke