Salin Artikel

Saat Santri di Pangkalpinang Ceritakan Cita-citanya ke Wapres Ma'ruf Amin...

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’ruf Amin mengunjungi Pondok Pesantren Hidayatussalikin Pangkalpinang, Selasa (14/6/2022).

Di sana ia menyerahkan bantuan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Santripreneur sekaligus mengobrol dengan para santri. 

Baznas Santripreneur lebih ditujukan untuk para santri lulusan pondok pesantren berusia 17 sampai 30 tahun yang aktif di bidang wirausaha. Program ini menyasar 5.000 orang.

Setibanya di lokasi acara, para santriwan santriwati antusias menyambut kedatangan Wapres yang didampingi Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin.

Wapres pun menyapa masyarakat dari kejauhan dengan mengucapkan salam sambil melambaikan tangan.

Setelah itu, 3 perwakilan santri di Babel berkesempatan menerima bantuan santripreneur melalui Ma'ruf Amin. Wapres pun menanyakan cita-cita mereka.  

"Ini asalnya dari mana dan nanti cita-citanya mau jadi apa?," tanya Wapres kepada seorang santri.

"Dari Toboali pak, cita-cita saya mau jadi kiai," jawab santri tersebut.

Mendengar jawaban santri tersebut, Ma'ruf Amin mengungkapkan, kiai merupakan pekerjaan mulia. Kiai juga tak bisa dianggap sebelah mata.

Buktinya, ada kiai yang menjadi presiden yakni Abdurrahman Wahid yang akrab dipanggil Gus Dur. Selain itu ada kiai lainnya yang menjadi wakil presiden, yaitu dirinya. 

Ma'ruf Amin berharap, dengan bantuan yang diterima menjadikan santri mampu memajukan ekonomi, juga berperan penting dalam peningkatan kesejahteraan hidup para santri.

"Rajin-rajinlah belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari belajar di sini. Sehat-sehat ya semua," tutur dia.

Usai memberikan pembekalan kepada para santri, wapres melanjutkan aktivitasnya melihat produk-produk UMKM Ponpes Hidayatussalikin, seperti mie kemasan, air mineral, dan kopi.

Mengakhiri kegiatannya di Ponpes Modern Hidayatussalikin Pangkalpinang, Wapres Ma'ruf Amin menyempatkan untuk mengunjungi asrama putri, dan berkunjung ke kediaman Pimpinan Ponpes, Ahmad Syaikhu.

Seusai kunjungan, Ahmad Syaikhu menyambut positif kunjungan Wapres Ma’ruf Amin yang kedua kalinya ke Ponpes yang ia pimpin.

Kehadiran orang nomor dua di Indonesia itu membuat dirinya lebih bersemangat dalam menyiarkan agama Islam di Bumi Serumpun Sebalai.

"Karena beliau adalah sosok kiai panutan kami, utamanya panutan warga Nahdliyyin," ungkap pimpinan ponpes yang telah berdiri sejak 2008 itu.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/14/180756678/saat-santri-di-pangkalpinang-ceritakan-cita-citanya-ke-wapres-maruf-amin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke