Salin Artikel

Solo Terapkan PPKM Level 1, Wakil Wali Kota Ingatkan Masyarakat Tetap Taat Prokes

"Kita sudah menerapkan PPKM Level 1. Jadi aglomerasi Solo Raya sudah level 1 semua," kata Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa seusai rapat PPKM Jawa-Bali dengan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan secara virtual di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (11/6/2022).

Meski begitu, masih ada sejumlah aktivitas yang dibatasi. Seperti pengunjung dengan maksimal 75 persen dari kapasitas di fasilitas umum hingga penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

"Jadi protokol kesehatan tetap dilakukan," katanya.

Teguh menyampaikan, kasus Covid-19 di Solo sudah terkendali dan mengalami turun secara signifikan. Meskipun ada penambahan kasus baru, tetapi tidak setiap hari.

Berdasarkan data perkembangan Covid-19 hingga 10 Juni 2022, tercatat ada penambahan satu kasus baru.

Sehingga kasus aktif di Solo ada lima orang. Dari jumlah itu tiga di antaranya menjalani isolasi dan dua dirawat di rumah sakit.

"Solo kemarin muncul satu kasus. Jadi turun satu muncul satu jadi tetap lima orang lagi. Di rumah sakit ada dua dan isolasi ada tiga orang," ungkap dia.

Teguh mengatakan, sesuai dengan arahan Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan dalam rapat PPKM Jawa-Bali bahwa vaksinasi booster harus digencarkan.

Percepatan vaksinasi booster sangat penting dilakukan untuk memasuki fase dari pandemi menjadi endemi.

Adapun di Solo vaksinasi booster masih terus berjalan. Selain door to door, pelayanan vaksinasi booster juga dilaksanakan di puskesmas maupun rumah sakit.

Untuk percepatan vaksinasi booster, Pemkot Solo dibantu dari jajaran TNI/Polri dalam hal ini Kepolisian Resor Kota (Polresta) Solo dan Komando Distrik Militer (Kodim) 0735/Surakarta.

"Pesannya Pak Luhut kita tetap keroyokan. TNI/Polri tetap menerjunkan tenaga kesehatannya segera menyelesaikan itu (vaksinasi booster)," terang Teguh.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/11/150218978/solo-terapkan-ppkm-level-1-wakil-wali-kota-ingatkan-masyarakat-tetap-taat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke