Salin Artikel

Klaim Belum Ditemukan di Solo, Ini Cara Dinas Kesehatan Antisipasi Penyebaran Penyakit Cacar Monyet

"Sampai detik ini saya belum menerima laporan (kasus cacar monyet) dari rumah sakit atau puskesmas," kata Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih ditemui di Solo, Jawa Tengah, Senin (30/5/2022).

Meski belum ditemukan, pihaknya berharap penyakit tersebut tidak masuk ke Solo.

Untuk itu Ning, panggilan akrabnya, mengatakan akan melakukan sosialisasi dini kepada masyarakat, baik lewat media sosial (medsos) maupun fasilitas kesehatan (faskes).

Pihaknya juga meminta rumah sakit atau puskemas segera melapor apabila menemukan penyakit yang belum pernah ditemukan ke dinas kesehatan.

"Survailans kita harus jalan. Kalau ada penyakit tidak pernah ada di rumau sakit atau pun puskesmas segara lapor ke dinas. Pasti nanti akan ada penelusuran," kata Ning.

Kemunculan penyakit cacar monyet bisa disebabkan karena faktor lingkungan dan tingginya mobilitas masyarakat.

"Kalau sekarang mobilitas masyarakat tinggi. Penyakit itu muncul di negara sebelah. Bisa saja (menular). Masyarakat itu tidak hidup individu. Tapi hidup berinteraksi artinya potensi menularkan itu tinggi," ungkap dia.

Ning mengungkapkan penyakit ini dapat menular ke manusia melalui gigitan dan dari daging hewan yang terinfeksi yang dikonsumsi, namun belum dimasak secara sempurna.

Pihaknya pun mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati. Hal ini sebagai langkah dini dalam melindungi diri dari penyebaran penyakit tersebut.

"Penyebaran penyakit ini salah satunya bisa lewat gigitan, selain kera juga tikus. Makan daging hewan mentah yang terinfeksi bisa tertular. Makanya perlu kewaspadaan. Artinya, edukasi kepada masyarakat terus kita lakukan," sambung Ning.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/30/153736978/klaim-belum-ditemukan-di-solo-ini-cara-dinas-kesehatan-antisipasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke