Salin Artikel

Pasar Mebel di Eks Bong Mojo Dibangun pada 2023, untuk Pedagang Tak Masuk Sentra IKM

Diketahui, pedagang mebel Gilingan saat ini telah menempati pasar darurat di Kawasan Setabelan, Kecamatan Banjarsari menyusul akan dibangunnya sentra IKM di eks pasar mebel tersebut.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Solo Heru Sunardi mengatakan, berdasarkan data jumlah pedagang pasar mebel Gilingan ada sebanyak 85 orang. Mereka terdiri dari pedagang los dan pelataran.

Namun, hanya 48 pedagang yang menempati pasar darurat karena yang lainnya sudah memiliki tempat sendiri.

Sebanyak 20 pedagang menempati pasar darurat di sisi selatan Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Solo dan 28 pedagang berada di timur Taman Segita Setabalan.

Pasar mebel di eks Bong Mojo dibangun di atas lahan seluas 6.000 meter persegi. Pasar ini akan dilengkapi dengan hindran sebagai antisipasi kebakaran.

Di sisi lain, lanjut Heru pedagang juga tidak diperbolehkan menggunakan pasar yang baru sebagai tempat tinggal seperti di lokasi pasar yang lama.

"Pasar larangan untuk tempat tinggal. Tidak boleh nanti kalau sudah jadi untuk tempat tinggal," ungkap Heru.


Heru juga menambahkan pihaknya akan mendorong pedagang mebel membuat inovasi sehingga pada saat menempati pasar yang baru sudah mulai mengurangi produksi.

"Sehingga nanti pedagang menjual produk itu tidak dalam bentuk jadi namun bisa seperti fabrikasi yang itu nanti ada OPD yang membidangi terkait dengan pelatihan itu (Diskop UKM dan Perin). Jadi nanti arahnya didorong ke sana," jelas Heru.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (Diskop UKM dan Perin) Solo Wahyu Kristina mengatakan, pembangunan sentra IKM di eks pasar mebel Gilingan akan dimulai Juni 2022 dengan anggaran Rp 46 miliar.

Menurutnya, sentra IKM ini akan dilengkapi showroom sebagai tempat pelatihan bagi pedagang. 

Karena itu, pedagang akan diseleksi untuk bisa masuk ke sentra IKM Gilingan, termasuk dari pedagang pasar mebel.

"Di situ ada showroom, tidak jualan. Jadi kan konsepnya bukan IKM di sini semuanya bisa masuk tidak kan. Jadi terseleksi," terang perempuan yang akrab dipanggil Ina.

Ina menambahkan pembangunan sentra IKM Gilingan ditargetkan selesai pada pertengah Desember 2022.

"Memang nanti ada bangunan yang belum selesai akan dilanjutkan tahun berikutnya," ungkap dia.

Bagi pedagang mebel Gilingan yang tidak lolos seleksi masuk ke sentra IKM Gilingan, mereka akan menempati pasar mebel yang baru di eks Bong Mojo, Kecematan Jebres, Solo.

"Tentunya yang masuk (sentra IKM) yang benar-benar sesuai dengan persyaratan sentra IKM.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/25/111811878/pasar-mebel-di-eks-bong-mojo-dibangun-pada-2023-untuk-pedagang-tak-masuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke