Salin Artikel

Sudah 4 Hari Banjir Melanda 17 Desa di Kukar, Belum Ada Bantuan Masuk

Luapan sungai membuat 17 desa terendam banjir hingga saat ini.

Ribuan jiwa pun ikut terdampak banjir lantaran aktivitas terhambat. Bahkan pemerintah setempat terpaksa melakukan pemadaman listrik.

Kondisi malam hari pun menjadi gelap gulita ditambah banjir yang terus meninggi. Ketinggian banjir saat ini sekitar 70 sentimeter hingga 1,5 meter.

"Banjir ini karena hujan melanda tiga hari tiga malam sejak Selasa (17/5/2022) lalu. Ada 17 desa yang terdampak dari 18 desa yang ada. Satu desa yang tidak terdampak ini karena lokasinya di dataran tinggi," ujar Kapolsek Tabang Iptu Joko Sulaksono, Jumat (20/5/2022).

Joko mengatakan masyarakat membutuhkan bantuan sembako lantaran akses utama terendam banjir, sehingga stok kebutuhan pangan terus berkurang.

Hingga saat ini, Joko mengaku belum ada bantuan dari pemerintah yang masuk.

"Pasokan sembako dari Pemkab belum ada. Diperlukan bantuan karena kemungkinan banjir ini banyak kebutuhan sembako yang diperlukan masyarakat. Selain itu juga mengantisipasi penyakit yang timbul akibat banjir," jelasnya.

Kondisi saat ini air perlahan surut dari sebelumnya, yakni turun sekitar 20 sentimeter.

Joko berharap hujan tidak terus melanda agar air semakin surut dan masyarakat bisa beraktivitas normal.


Meski kondisi masyarakat terbilang aman, tapi Joko mengaku sulit melakukan pemantauan kondisi masyarakat di 17 desa tersebut, sebab sarana dan prasarana tidak ada.

"Kendalanya mengingat sarana dan prasarana penunjang di air tidak ada, sehingga menyulitkan untuk memantau secara terus menerus kondisi masyarakat. Lalu sebanyak 13 desa terdampak banjir, PLN dipadamkan, ada sekitar 1.172 pelanggan," bebernya.

Joko mengatakan, saat ini diperlukan beberapa kebutuhan yang mendesak untuk menangani banjir jika air tidak surut.

Seperti bantuan logistik, tenaga dan sarana prasarana seperti perahu karet dan sejenisnya.

"Kebutuhan mendesak yakni bantuan logistik, bantuan obat-obatan seperti vitamin, obat gatal serta tenda pengungsian," tuturnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/20/144458078/sudah-4-hari-banjir-melanda-17-desa-di-kukar-belum-ada-bantuan-masuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke