Salin Artikel

Kota Lama Jadi Pilot Project Bebas Kabel Udara Pertama di Semarang

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, pengerjaan penurunan kabel di Kota Lama sendiri sudah dimulai pada 12 Mei 2022.

"Pengerjaan itu ditargetkan hingga akhir bulan Mei 2022," jelasnya melalui keterangan resminya, Rabu (18/5/2022).

Jalan Merak di samping Polder Tawang merupakan lokasi awal pengerjaan. Selanjutnya, proyek tersebut akan diteruskan ke ruas jalan lainnya.

"Upaya pembebasan kabel di udara tidak hanya direncanakan di kawasan Kota Lama Semarang saja," paparnya.

Dia mengungkapkan jika lebih luas lagi target awal penanaman kabel melalui jalur ducting akan menyentuh kawasan segitiga emas di Kota Semarang.

"Kawasan Kota Lama kemudian secara khusus menjadi titik awal pengerjaan setelah mendapatkan banyak saran," ujarnya.

Adapun beberapa ruas dari Segitiga Emas yang akan target adalah jalan Gajahmada, Pemuda, Pandanaran, hingga bertemu di kawasan Simpanglima Kota Semarang.

"Untuk di Kota Lama sendiri laporan kawan - kawan di lapangan ada ruas yang memang belum bisa langsung dikerjakan," imbuhnya.


Hal itu disebabkan lokasi tersebut masih harus dilakukan penggalian. Namun, dia memastikan untuk lokasi lainnya akan diupayakan bisa sesuai rencana.

"Nanti kita akan lakukan secara bertahap," paparnya.

Sebelumnya, setelah viralnya kawasan Kota Lama Semarang yang menyalip jumlah kunjungan wisatawan di Kawasan Candi Borobudur Magelang, perhatian masyarakat pun langsung ramai tertuju pada salah satu destinasi wisata di ibu kota provinsi Jawa Tengah tersebut.

Dari banyaknya perhatian yang diberikan, beragam masukan lalu ditujukan kepada Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi melalui berbagai kanal media sosial miliknya.

Salah satu topik masukan yang diberikan adalah terkait banyaknya kabel di atas Kota Lama yang dianggap perlu ditangani agar menambah estetika kawasan tersebut.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/18/180232578/kota-lama-jadi-pilot-project-bebas-kabel-udara-pertama-di-semarang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke