Salin Artikel

Kronologi Pejabat Tepergok Bakar Dokumen Saat KPK Geledah Kantor Wali Kota Ambon, Saksi: Ada Asap di Kamar Mandi

KOMPAS.com - Kepala Seksi Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Ambon berinisial OR terpaksa ditahan petugas karena diduga membakar dokumen saat ada penggeledahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kantor Wali Kota Ambon, Senin (17/5/2022).

Penangkapan itu berawal saat petugas KPK melihat ada asap dari dalam kamar mandi.

"Itu kejadiannya tadi pas penyidik KPK turun dari atas lalu mereka lihat ada asap yang keluar dari kamar mandi, lalu dicek oleh anggota Brimob ternyata ada yang bakar itu," kata salah satu pegawai di kantor Wali Kota Ambon kepada wartawan, Selasa.

Setelah itu, anggota Brimob yang mengawal penggeledahan segera mengamankan OR.

Dari informasi yang dihimpun Kompas.com di lapangan, ada sejumlah berkas dan dokumen yang belum sempat dibakar dan langsung diselamatkan oleh personel Brimob.

Namun demikian, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Ambon Rustam Simanjuntak membantah anak buahnya telah membakar sejumlah dokumen.

"Itu seng (tidak) ada. Itu sampah yang dibakar. Menurut OR ke dong (KPK) begitu," katanya via WhatsApp.

Dilansir dari Antara, KPK menggeledah Kantor Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy. Richard diduga terkait kasus suap dan gratifikasi.

Penggeledahan di Balai Kota Ambon itu berlangsung selama lebih kurang 13 jam.

Usai penggeledahan, tim penyidik KPK membawa lima koper dan satu tas berwarna cokelat, usai penggeledahan dari Balai Kota Ambon pukul 21.46 WIT, Selasa malam.

Sejumlah ruangan yang digeledah adalah ruang Wali Kota Ambon nonaktif, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPTMSP), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Badan Pajak dan Retribusi, Badan Keuangan dan Aset Daerah, dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

(Penulis : Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty | Editor : Andi Hartik)

https://regional.kompas.com/read/2022/05/18/102300278/kronologi-pejabat-tepergok-bakar-dokumen-saat-kpk-geledah-kantor-wali-kota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke