Salin Artikel

Pemilu 2024, Golkar Jabar Siap Kerja Sama dengan PAN dan PPP

BANDUNG, KOMPAS.com - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Barat menindaklanjuti arahan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, terkait koalisi dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk pemilu 2024.

“Pertama tentu sesuai dengan arahan pak ketua umum (Airlangga) ya kita harus mulai juga melakukan pembahasan di tingkat daerah,” ujar Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Tb Ace Hasan Syadzily saat dihubungi, Jumat (13/5/2022).

Ace menjelaskan, hubungan Golkar, PPP, dan PAN di Jabar terbilang sangat baik. Hal tersebut akan menjadi modal penting untuk menjalin kerja sama di tahun Pemilu 2024. 

Meski demikian, Ace mengaku masih menunggu arahan lebih lanjut dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto terkait langkah apa yang akan dilakukan Golkar Jabar untuk menyukseskan Koalisi Indonesia Bersatu ini.

“Karena yang terjadi di pusat baru langkah awal dari penjajakan koalisi. Tentu secara teknis kami juga nanti akan memastikan terlebih dahulu langkah-langkah teknis, langkah-langkah strategis dan taktis apa yang harus kami lakukan untuk melakukan pembicaraan dengan mitra kami PPP maupun PAN,” tuturnya.

Di luar rencana koalisi, Golkar memiliki target sendiri di tahun pemilu 2024. Yakni memenangkan Pemilu 2024 baik Pemilu Legislatif maupun Pemilihan Presiden, khususnya di wilayah Jawa Barat.

Golkar Jabar pun akan terus mensosialisasikan Airlangga Hartarto sebagai bakal calon Presiden dari Partai Golkar ke masyarakat Jabar.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan elektabilitas Airlangga di Jabar, provinsi yang memiliki jumlah pemilih terbanyak di Indonesia.

“Saya kira harus menang, tentunya termasuk juga untuk Pilpres, kita harus menang. Target kursi nanti akan kita tetapkan di dalam rapat kerja daerah yang akan dilaksanakan pada awal Juni tahun ini. Kita ingin mengembalikan Jabar kembali menguning dengan kemenangan Golkar,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, koalisi ini terbentuk dalam pertemuan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa di Rumah Heritage Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Suharso menyebut koalisi ini akan segera merumuskan bentuk kerja sama secara detail dalam waktu dekat.

Ia juga mengungkapkan keinginan koalisi untuk melanjutkan program-program strategis Presiden Joko Widodo.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/13/201221278/pemilu-2024-golkar-jabar-siap-kerja-sama-dengan-pan-dan-ppp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke