Salin Artikel

Kota Semarang Jadi Daerah Paling Banyak Dikunjungi Selama Libur Lebaran, Kota Lama Lokasi Favorit

Berdasarkan data Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah sebanyak 163.719 wisatawan mengunjungi Kota Lama Semarang.

Sementara, Candi Borobudur dijunjung 153.070 wisatawan. Data tersebut diambil mulai tanggal 23 April 2022 sampai 10 Mei 2022.

Bersumber data yang sama, Kota Semarang juga menjadi daerah yang paling banyak diminati wisatawan dengan mencatatakan 399.631 kunjungan

Menanggapi hal itu, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, sektor pariwisata sempat ambruk pasca ditetapkannya kondisi pandemi Covid-19.

"Namun Kota Semarang tetap fokus pembangkitan sektor pariwisata untuk pemulihan ekonomi," jelasnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (12/5/2022).

Dia meyakini, ada sebuah optimisme bahwa tahun 2022 ini merupakan momentum kebangkitan Kota Semarang yang saat ini masih fokus di pariwisata.

"Pariwisata sudah menjadi projek penting di Kota Semarang," imbuhnya.

Terkait berhasilnya Kota Semarang menjadikan Kota Lama menjadi destinasi yang paling diminati wisatawan, Hendi menyebutkan jika tantangan selanjutnya adalah manajerial kawasan tersebut.

"Dengan banyaknya wisatawan yang berhasil ditarik, sudah pasti setelah kita harus lakukan langkah - langkah evaluasi berikutnya, agar kemudian tidak terjadi overtourism," ujarnya.


Dia telah mencatat sejumlah hal yang perlu menjadi perhatian dia dan jajarannya di Pemerintah Kota Semarang, salah satunya adalah titik parkir.

"Titik - titik parkir yang crowded harus dilakukan penanganan," paparnya.

Untuk itu beberapa jalur yang semakin padat dan membuat macet akan segera diperbaiki agar wisatawan dan warga Kota Samarang bisa nyaman.

"Termasuk kondisi infrastrukturnya juga harus terus dievaluasi supaya bisa lebih baik lagi," ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/12/135729678/kota-semarang-jadi-daerah-paling-banyak-dikunjungi-selama-libur-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke