Salin Artikel

Capaian Pembangunan 5 Tahun Wahidin Halim-Andika Hazrumy Pimpin Banten

SERANG, KOMPAS.com - Kepemimpinan Wahidin Halim dan  Andika Hazrumy sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Banten akan berakhir 12 Mei 2022.

Diketahui, Wahidin-Andika resmi menjadi gubernur dan wakil gubernur Banten periode 2017-2022 setelah dilantik Presiden Jokowi pada Jumat (12/5/2017).

Lalu bagaimana prestasi pembangunan di bawah kepemimpinan Wahidin-Andika selama lima tahun? Berikut capaian Wahidin Halim-Andika Hazrumy 5 tahun pimpin Banten:

1. Revitalisasi Banten Lama

Pada tahun 2018, Pemprov Banten menganggarkan Rp 220 miliar untuk proyek revitalisasi kawasan wisata bersejarah Banten Lama di Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

Anggaran itu digelontorkan untuk menata Masjid Agung Banten Lama, perbaikan jalan utama dari pusat kota ke Banten Lama, hingga jalan-jalan kecil di sekitar kawasan cagar budaya itu.

2. Pembangunan Banten International Stadium

Banten International Stadium baru saja diresmikan Gubernur Banten Wahidin pada 9 Mei 2022.

Stadion bertaraf internasional itu dibangun dengan menelan biaya mencapai Rp 874,317 miliar yang berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Provinsi Banten yang dilaksanakan secara multiyears.

3. Ratusan Kilometer jalan Provinsi Mantap

Pada masa kepemimpinan WH-Andika yang difokuskan yakni perbaikan jalan sepanjang 762 km yang berstatus milik Pemprov Banten agar dalam kondisi mantap.

Kini, hampir seluruh ruas jalan yang menjadi kewenangan Provinsi sudah dibetonisasi.

4. Pembangunan Jembatan Ciberang

Jembatan Ciberang yang menjadi akses menuju objek wisata 'negeri diatas awan' kembali dibangun setelah diterjang banjir bandang dan selesai dibangun 28 Maret 2022.

Pemprov Banten menggelontorkan anggaran Rp 123 miliar untuk pembangunan jalan dan tujuh jembatan di ruas jalan Cipanas-Gunung Luhur sepanjang 59 kilometer.

Ketujuh jembatan tersebut yakni jembatan Cipangairan, Cilangke, Ciparumpung, Citagogag, Cinyiru, Cirakal, dan Ciberang.

5. Pembangunan Jembatan Aria Wangsakara

Jembatan Aria Wangsakara dinobatkan menjadi jembatan terlebar oleh MURI.

Jembatan yang berada di Jalan Syech Nawawi Al Bantani itu membentang di atas jalan Tol Tangerang Merak menghabiskan anggaran Rp 165 miliar.

6. 42 Kilometer Jalan Lingkungan

Pemprov Banten membantu kabupaten kota untuk membangun 900 ruas jalan lingkungan yang tidak tercover karena keterbatasan anggaran yang dimiliki daerah.

7. 2.036 bedah rumah tidak layak huni

Selama menjabat, WH-Andika telah memberikan bantuan rumah melalui Program Hunian Tetap (Huntap) dan Program Penanganan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) meningkatkan kesejahteraan masyarakat Banten.

Bantuan ini ditujukan kepada korban tsunami dan masyarakat pra-sejahtera dari sisi hunian atau rumahnya.

8. Pembangunan Tugu Pamulang

Tugu Pamulang direvitalisasi setelah viral bentuknya seperti toren air.

Gubernur Wahidin kemudian memutuskan untuk kembali melanjutkan pembangunannya dengan langkah awal menggelar syanbara desain baru.

Pemprov kemudian menganggarkan Rp 700 juta dan pada 8 Januari 2022 pembangunannya selesai dan diresmikan.

9. Pembangunan 8 Lantai RSUD Banten

Pembangunan gedung 8 lantai RSUD Provinsi Banten dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat tidak mampu.

Sebanyak 215 ruang rawat inap, 10 ruang ICU, ruang laboratorium, dan rehabilitasi medik tersedia.

Anggaran yang digelontorkan senilai Rp 271 miliar dan gedung baru tersebut diresmikan oleh Wahidin pada 16 Maret 2022.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/11/205849078/capaian-pembangunan-5-tahun-wahidin-halim-andika-hazrumy-pimpin-banten

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke