Salin Artikel

Kapolda Lampung: Arus Balik Pemudik dari Sumatera Diprediksi Lebih dari 200.000 Kendaraan

LAMPUNG, KOMPAS.com – Jumlah kendaraan dalam arus balik pemudik pada Lebaran 2022 diprediksi mencapai lebih dari 200.000 kendaraan.

Ratusan ribu kendaraan ini akan menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan dan Pelabuhan Panjang, Kota Bandar Lampung.

Kapolda Lampung Inspektur Jenderal (Irjen) Hendro Sugiatno mengatakan, prediksi itu berdasarkan total data pemudik yang menyeberang melalui Pelabuhan Bakauheni pada arus mudik kemarin.

"Total kendaraan yang masuk ke Sumatera melalui Pelabuhan Bakauheni mencapai 209.000 kendaraan, diprediksi kendaraan dalam arus balik nanti lebih dari jumlah tersebut," kata Hendro dalam keterangan tertulis, Kamis (5/5/2022).

Hendro mengatakan, diperkirakan peningkatan jumlah penumpang akan terjadi mulai Jumat (6/5/2022).

Untuk itu, dia meminta kepada seluruh personel yang terlibat bisa mengamankan arus balik pemudik.

"Lampung sekarang menjadi titik sentral, dan orang melihat bagaimana pengamanan arus balik, dengan harapan penanganannya harus lebih baik dari arus mudik," kata Hendro.

Pemudik seberangi Selat Sunda capai 1,6 juta orang

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan jumlah total pemudik yang menggunakan angkutan penyeberangan di Selat Sunda mencapai 1,6 juta orang.

Jumlah ini jauh lebih banyak dibanding pemudik di moda transportasi lain.

"Baik itu di Pelabuhan Bakauheni maupun Pelabuhan Merak, total jumlahnya mencapai 1,6 juta orang. Ini melebihi penumpang pada transportasi lainnya," kata Budi Rabu (4/5/2022).

https://regional.kompas.com/read/2022/05/05/142018378/kapolda-lampung-arus-balik-pemudik-dari-sumatera-diprediksi-lebih-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke