Salin Artikel

Lantai Keramik Mal di Tasikmalaya Retak, Pengunjung Panik Berdesakan Keluar karena Mengira Ada Gempa

Mereka panik setelah mendengar suara retakan lantai keramik yang dikira merupakan kejadian gempa bumi.

Kejadian ini pun terekam oleh warga dalam sebuah video dan menyebar di media sosial.

Dalam video terlihat pengunjung berdesak-desakan berlarian keluar gedung di Mal Jalan Veteran Kota Tasikmalaya tersebut.

"Keramaian di (Mal) Matahari Dept Store yang menyebabkan pengunjung berhamburan keluar diakibatkan adanya suara retakan lantai yang dikira adanya gempa," jelas Kepala Polsek Cihideung Polres Kota (Polresta) Tasikmalaya Kompol Cecep Bambang kepada wartawan, Minggu sore.

Bambang menambahkan, tak ada korban luka maupun jiwa dalam peristiwa itu.

Kepanikan terjadi karena pengunjung mendengar suara retakan yang dikira gempa bumi dan mendapatkan informasi salah dari sesama pengunjung saat berbelanja.

Pihaknya pun telah memastikan bahwa peristiwa itu terjadi karena lantai keramik pecah.

"Adapun hasil pengecekan bahwa terjadinya retakan lantai keramik dan pecah menimbulkan asumsi pengunjung adanya gempa sehingga berhamburan untuk menyelamatkan diri keluar (gedung). Kerugian keramik pecah dan tidak ada korban jiwa serta materi yang ditimbulkan," tambah Cecep.


Seusai kejadian itu, lanjut Cecep, pengunjung masih ramai dan menunggu di luar gedung.

Serelah pihak manajemen menjelaskan kondisi, warga melanjutkan berbelanja.

"Setelah dilakukan pengecekan oleh petugas (mal) Matahari ternyata bukan akibat gempa, namun adanya kondisi keramik yang memuai dengan jumlah pengunjung yang melebihi kapasitas sehingga udara cukup panas di dalam," ujar dia.

Kepolisian pun membenarkan sempat terjadi kepanikan, tapi tak berselang lama kondisi di mal tersebut sudah kembali normal.

Kepolisian menempatkan anggota keamanan untuk meminimalisasi kejadian terulang dan dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan.

"Apabila tidak dilakukan pengamanan  diperkirakan akan terjadi kerusakan di dalam (mal) dan adanya pelaku kejahatan yang memanfaatkan situasi tersebut dengan mengambil barang yang ditinggal pembeli saat kejadian," pungkasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2022/04/24/164114478/lantai-keramik-mal-di-tasikmalaya-retak-pengunjung-panik-berdesakan-keluar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke