Salin Artikel

Jelang Lebaran, Vaksinasi Booster Covid-19 di Sumbawa Digenjot

Kapolres Sumbawa AKBP Esty Setyo Nugroho mengatakan, realisasi vaksinasi dosis ketiga atau booster di Kabupaten Sumbawa mencapai 11,16 persen.

Esty berharap, kolaborasi antara Pemkab Sumbawa, TNI, dan Polri, ini bisa menyuntikkan 500 hingga 1.000 dosis vaksin per hari. Sehingga, capaian vaksinasi booster saat libur Lebaran mencapai 30 persen.

“Kalau kita melihat jika capaian, rata-rata 500 sampai 1.000 dosis per hari untuk booster. Akan ada peningkatan. Karena sebelumnya itu 50 sampai 100 dosis per hari,” ujar Esty di Sumbawa, Jumat (22/4/2022).

Peningkatan capaian hari ini harus terlaksana mengingatkan vaksinasi booster menjadi salah satu syarat mudik Lebaran 2022. Masyarakat yang telah mendapatkan vaksin booster tak perlu melampirkan tes cepat antigen atau PCR.

Sementara, warga yang mendapatkan vaksinasi hingga dosis kedua, harus memperlihatkan hasil negatif tes cepat antigen. Dan warga yang menerima vaksin dosisp ertama harus memperlihatkan hasil negatif berdasarkan tes PCR.

“Jadi saat ini kita sudah mengimbau kepada masyarakat supaya jangan nanti pada saat mau mudik baru berbondong-bondong untuk melakukan booster,” terangnya.

Selain di fasilitas kesehatan, pelayanan vaksinasi akan dilakukan di pos kesehatan untuk pemudik.

Pembentukan pos itu tak akan mengganggu pelayanan di fasilitas kesehatan lain. Sebab, petugas yang berjaga di pos itu telah disiapkan.

“Kalau dari vaksinator kita siap. Terkait dengan logistik, kita sangat siap untuk vaksinnya sendiri,” jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/22/173609078/jelang-lebaran-vaksinasi-booster-covid-19-di-sumbawa-digenjot

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke