Salin Artikel

BI Kepri Tambah Outlet Penukaran Uang di Pelabuhan Batam, Berikut Jadwalnya

BATAM, KOMPAS.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kepualuan Riau (Kepri) menyiapkan Rp 2,11 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat selama Ramadhan dan Lebaran 1443 H/2022 M. 

Meski hingga 21 April 2022, uang baru yang ditukarkan masyarakat baru 41 persen atau Rp 866,95 miliar BI Kepri optimistis uang baru tersebut akan terserap hingga 95 persen. 

Kepala Kantor Perwakilan BI Kepri, Musni Hardi Kasuma Atmaja mengatakan, penukaran tak hanya dilakukan di sejumlah kas titipan Bank Indonesia yang berada di Tanjungpinang, Kabupaten Karimun, dan Kabupaten Natuna.

Layanan penukaran uang secara retail dan wholesale juga bisa melalui kantor cabang perbankan dan mobil Kas keliling Bank Indonesia.

“Bahkan untuk penukaran uang di wilayah 3T (terpencil, terluar, dan terdepan) akan dilayani oleh kantor cabang Bank yang berada pada lokasi tersebut,” kata Musni ditemui di sela-sela Bincang Sore, Kamis (21/4/2022) malam.

Untuk memaksimalkan penukaran, BI Kepri membuka outlet di sejumlah pelabuhan di Batam. Seperti Pelabuhan Domestik Telaga Punggur dan Pelabuhan Domestik Harbourbay. 

Berikut jadwalnya: 

1. Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, dibuka Senin-Kamis pukul 09.00 WIB–12.00 WIB.

2. Pelabuhan Domestik Harbour Bay, Rabu dan Kamis pukul 09.00 WIB–12.00 WIB.

Untuk penukaran di pelabuhan, penukaran uang dibatasi maksimal Rp3,8 juta dengan rincian pecahan Rp20.000-Rp1.000 setiap orang.

“Semenara jumlah penukar setiap hari diserahkan kepada kemampuan masing-masing bank dalam melayani nasabah dan atau masyarakat penukar,” tambah Musni.

Untuk menjaga keamanan dan mendukung upaya pengendalian Covid-19, masyarakat diimbau menggunakan transaksi nontunai seperti melalui Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) baik debit maupun kredit, mobile banking, internet banking, uang elektronik, dan QRIS.

 

https://regional.kompas.com/read/2022/04/22/081623778/bi-kepri-tambah-outlet-penukaran-uang-di-pelabuhan-batam-berikut-jadwalnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke