Salin Artikel

Polisi Masih Periksa Perekrut dan Calon Pekerja Asal NTT yang Diamankan Saat Hendak ke Malaysia

LARANTUKA, KOMPAS.com - Kepolisian Resor (Polres) Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), kembali memeriksa para calon pekerja dan seorang perekrut berinisial VL. Mereka diperiksa di kantor Polres Flores Timur, Selasa (19/4/2022).

Pemeriksaan kali ini adalah pemeriksaan yang kedua setelah sebelumnya, Senin (18/4/2022), mereka diperiksa sepulang dari Makassar.

Para calon pekerja dan perekrut ini diamankan aparat Kepolisian Pelabuhan Makassar saat hendak diberangkatkan ke Kuala Lumpur, Malaysia, pada Minggu (10/4/2022).

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat (Kasi Humas) Polres Flores Timur, Ipda Sanusi Anwar mengatakan, hingga kini penyidik masih menyelidiki kasus tersebut dengan memeriksa sejumlah saksi.

"Sementara masih dalam penyidikan. Kita baru minta keterangan para saksi dulu," ujar Sanusi saat dihubungi, Selasa pagi.

Sanusi menambahkan, pihaknya kembali memeriksa para pekerja ini untuk mendalami keterangannya.

"Pagi ini baru diperiksa lagi," pungkasnya.

Pegiat Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Kabupaten Flores Timur, Benedikta Da Silva Noben mengatakan, pemeriksaan terhadap para calon pekerja ini sudah memasuki hari kedua.

"Kemarin diperiksa sampai pukul 03.30 Wita, lalu mereka suruh kembali ke rumah. Hari ini datang kembali untuk pemeriksaan selanjutnya," ujar Benedikta saat dihubungi, Selasa pagi.

Benedikta berujar, sebelum kembali ke rumah, para calon pekerja ini diantar ke kantor Dinas Ketenagakerjaan (Disnakertrans) untuk diberi arahan tentang bekerja di luar negeri.

"Untuk yang rumah jauh masih berada di rumah Aman Yayasan PBB Kasih Flores Timur," pungkasnya.

Sebelumnya, para calon pekerja ini tiba di Pelabuhan Larantuka, Senin (18/4/2022). Mereka dijemput aparat menuju kantor Kepolisian Resor (Polres) Flores Timur untuk menjalani pemeriksaan.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/19/105409278/polisi-masih-periksa-perekrut-dan-calon-pekerja-asal-ntt-yang-diamankan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke