Salin Artikel

Ada Layanan Vaksinasi Covid-19 Booster Malam Hari di Graha Wisata Niaga Solo, Ini Jadwalnya

Hal ini dilakukan untuk mengejar target 70 persen sebelum Lebaran. Saat ini, vaksinasi booster Solo baru memcapai 40 persen.

"Nanti kita kebut terus ya. Sekarang baru capai 40 persen," kata Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Solo, Jawa Tengah, Senin (4/4/2022).

Gibran mengatakan percepatan vaksinasi booster terus dilakukan. Selama ini Pemkot sidah dibantu pihak kepolisian dan TNI untuk mengejar target tersebut.

"Pak Kapolresta sudah membantu vaksinasi booster sampai malam hari. KTP-nya bebas. Kita dorong biar warga segera vaksinasi," ungkap dia.

Menurut dia, vaksinasi booster menjadi syarat untuk melakukan mudik Lebaran. Karena itu, pihaknya meminta warga yang belum melakukan vaksinasi untuk segera vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo Siti Wahyuningsih menambahkan, capaian vaksinasi Covid-19 booster Solo paling tinggi di Jawa Tengah.

"Vaksin booster Solo tinggi se-Jawa Tengah. Kita sudah 40 persen capaiannya," kata Ning, sapaan Siti.

Ning memastikan stok vaksin booster di Solo aman. Karena setiap sepekan sekali Solo mendapat kiriman vaksin dari pusat.

"Sekali kirim itu 10.800 dosis. Insya Allah aman untuk booster," ungkap dia.


Mengenai berapa rata-rata jumlah warga yang divaksin booster setiap harinya, kata Ning tidak bisa diprediksi karena warga sendiri harus aktif.

Selama ini, pihaknya sudah mengalokasikan vaksin ke semua fasilitas kesehatan (faskes). Tetapi banyak warga yang tidak memanfaatkan dengan baik.

"Akhir-akhir kok tidak optimal. Ada yang disediakan 200 yang datang cuma 30 orang," terangnya.

Oleh karena itu, pihaknya akan membuka layanan vaksinasi Covid-19 booster malam hari di Graha Wisata Niaga Solo selama Ramadhan.

Rencananya vaksinasi booster dibuka mulai dari Senin hingga Kamis. Kemudian pada Jumat dan Sabtu dipusatkan di puskesmas rawat inap.

"Sebetulnya vaksin tidak membatalkan puasa. Vaksin malam saya rencanakan terpusat di Graha Wisata Niaga setiap Senin sampai Kamis. Jumat dan Sabtu di puskesmas rawat inap biar tidak terlalu banyak tenaganya," kata Ning.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/04/182735078/ada-layanan-vaksinasi-covid-19-booster-malam-hari-di-graha-wisata-niaga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke