Salin Artikel

Riau Punya Rumah Vaksin 24 Jam, Pertama di Indonesia

Rumah Vaksin 24 jam yang sekaligus menjadi pertama di Indonesia ini diresmikan oleh Gubernur Riau Syamsuar, Sabtu (2/4/2022).

"Tadi saya mendapat laporan, ini pertama di Indonesia. Saya minta kabupaten dan kota juga membuat rumah vaksin ini, tempatnya terserah bisa di Dinkes, RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah)," ujar Syamsuar dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu.

Syamsuar mengapresiasi langkah Dinkes Riau mempersiapkan upaya dan strategi percepatan vaksinasi di bulan Ramadhan.

Mantan Bupati Siak dua periode itu menginginkan Rumah Vaksin 24 Jam tersebut direspons positif sehingga masyarakat bersedia divaksin.

Terlebih lagi, pelayanan terbuka untuk siapa saja yang ingin divaksin. Ia berharap tenaga kesehatan bergantian berjaga di lokasi vaksin.

"Rumah Vaksin ini 24 jam, kami harapkan jangan sampai tidak ada orang (tenaga kesehatan)," ucap Syamsuar.

Dia juga berharap, dengan adanya pendirian Rumah Vaksinasi 24 Jam ini dapat meningkatkan jumlah vaksinasi di Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Zainal Arifin, mengatakan bahwa Rumah Vaksinasi 24 Jam ini merupakan upaya meningkatkan strategi pencapaian peningkatan vaksinasi.

Apalagi, lanjut dia, pada bulan Ramadhan diharapkan capaian vaksinasi di Provinsi Riau tidak stagnan sesuai arahan gubernur Riau. 

"Harapan nanti setelah berbuka puasa, sesudah sahur atau sebelum sahur, kami siap melayani warga yang mau vaksin," kata Zainal.

Dalam melayani vaksinasi di Rumah Vaksin 24 Jam tersebut, Dinkes Riau menargetkan 250 orang per hari.

Untuk mempermudah masyarakat, Dinkes Riau juga menyediakan layanan pendaftaran vaksinasi melalui google form https://bit.ly/vaksincovid19riau.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/03/072119278/riau-punya-rumah-vaksin-24-jam-pertama-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke