Salin Artikel

Penimbun Solar di Banten Beraksi Pakai Kendaraan Modifikasi, Stok Timbunan lalu Dijual Mahal ke Perusahaan

KOMPAS.com - Polisi menangkap lima orang penimbun solar di Banten.

Ketika beraksi, para tersangka menggunakan mobil angkutan barang yang sudah dimodifikasi.

Kepala Sub Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Kasubdit Tipidter) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Banten AKBP Feria Kurniawan mengatakan, kendaraan tersebut dimodifikasi dengan penambahan tangki duduk berkapasitas 4-5 ton.

"Tangki penampungan itu tersambung dengan tangki bahan bakar kendaraan," ujarnya di Markas Polda Banten, Jumat (1/4/2022).

Polisi telah menyita kendaraan yang digunakan tersangka untuk menimbun, yakni satu minibus, satu truk kecil, dan satu mobil boks.

Dari penangkapan ini, polisi mengamankan empat ton solar yang didapat dari sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Provinsi Banten.

Tawarkan stok timbunan ke perusahaan

Feria menerangkan, saat beraksi, pelaku menimbun solar hingga 2-3 ton. Solar timbunan itu lantas ditawarkan kepada sejumlah perusahaan dengan harga tinggi.

"Dalam semalam mereka dapat 2-3 ton solar. Dijual dengan harga industri hampir Rp 14.000 ke sejumlah perusahaan di Tangerang dan Serang," ucapnya.

Kepada perusahaan-perusahaan itu, para tersangka berpura-pura menjual barang resmi, lengkap dengan dokumennya.

“Namun, banyak dokumen yang dipalsukan,” bebernya.

Polisi awalnya menciduk AH dan MT saat mereka mengisi minibusnya dengan solar dari SPBU di Jawilan, Serang, Kamis (24/3/2022) sekitar pukul 01.00 WIB.

"Saat ditangkap, penyidik temukan 477 liter solar subsidi dari pelaku AH dan MT," ungkap Feria kepada wartawan.

Berdasarkan hasil interogasi terhadap keduanya, polisi menyita satu unit truk di daerah Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

Selain kendaraan, polisi juga mengamankan pemodal pembelian solar, yakni tersangka TZ.

"Penyidik temukan sekitar 2.312 liter solar subsidi dan amankan pelaku RH sebagai supir kendaraan dan TZ sebagai pemodal pembelian solar serta uang Rp 15 juta," tuturnya.

Lalu, pada Selasa (29/3/2022), polisi mengamankan sebuahu mobil boks saat keluar dari SPBU Labuan, Pandeglang, Banten.

Ketika menggeledah, petugas menemukan 1.485 liter solar subsidi di dalam tangki duduk yang telah dimodifikasi.

"Selain itu, juga disita uang tunai senilai Rp 14 juta yang akan digunakan untuk membeli solar ke SPBU lainnya. Penyidik kemudian menangkap MS (43) sebagai sopir kendaraan," jelasnya.

Feria menyampaikan, para tersangka melakukan penimbunan solar sejak tiga bulan lalu. Dari aksi ini, pelaku meraup pendapatan Rp 2 miliar.

Para tersangka penimbun solar itu kini dijerat dengan Pasal 55 UU Nomor 22 Tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi (Migas) dengan ancaman 6 tahun penjara dan denda Rp 60 miliar.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Serang, Rasyid Ridho | Editor: Khairina, Reni Susanti, I Kadek Wira Aditya)

https://regional.kompas.com/read/2022/04/02/171700378/penimbun-solar-di-banten-beraksi-pakai-kendaraan-modifikasi-stok-timbunan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke