Salin Artikel

Banyak Pejabat Kunjungi IKN, Okupansi Hotel di Balikpapan Meningkat Drastis

Dampaknya, okupansi hotel di wilayah penyangga IKN meningkat drastis.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Balikpapan, Sahmal Ruhip, membenarkan kondisi ini terjadi sejak para pejabat maupun tokoh nasional datang ke IKN.

Hampir seluruh hotel berbintang yang ada di Balikpapan dan sekitarnya kebanjiran tamu dari luar.

"Hingga pekan kedua Maret 2022 ini angka kunjungan ke hotel anggota PHRI Balikpapan mengalami peningkatan hingga 60 persen. Hotel berbintang presentasenya di atas 60 persen. Itu karena banyak pejabat pusat ke IKN Nusantara, dan menginap di Balikpapan, ini dampak positif bagi hotel," kata Sahmal saat dihubungi, Selasa (29/3/2022).

Belum lagi sejumlah kegiatan pelatihan, seminar maupun bimbingan teknis (bimtek) dari kantor pemerintahan pusat di Kaltim menambah cakupan okupansi hotel.

Rata-rata kantor pemerintahan menggelar kegiatan di wilayah Kaltim berkaitan dengan pembangunan Ibu Kota Negara.

Dampak adanya IKN, disebut Sahmal, sangat membantu pelaku usaha perhotelan dan restoran di Kaltim lantaran meningkatkan roda ekonomi kala pandemi.


Bahkan PHRI Balikpapan sendiri juga sudah mengunjungi titik nol IKN dalam rangka melihat langsung kondisi dan teritorial wilayah tersebut.

"Ya agar bisa tahu bagaimana kondisi disana, karena apabila ada tamu yang ingin bertanya soal IKN, kami bisa menjelaskannya," tuturnya.

Namun kondisi ini diprediksi akan kembali turun pada Ramadhan nanti. Meski begitu para pelaku usaha perhotelan menyiasatinya dengan membuka paket berbuka puasa.

"Umumnya begitu, okupansi saat ramadan biasanya turun. Tapi hotel-hotel berbintang ada pendapatan lain, dari penjualan paket berbuka puasa," ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/29/162527878/banyak-pejabat-kunjungi-ikn-okupansi-hotel-di-balikpapan-meningkat-drastis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke